Balada Orang Biasa

Berbagi Untuk Semua, Ingin Bermanfaat Bagi Sesama

CATATAN PENGHUJUNG TAHUN

Posted by lexdoank pada Desember 24, 2008

sunsetkuAh…ngga terasa ya kita udah di penghujung taon 2008 M dan 1429 H skarang. Ngga lama lagi dalam hitungan hari kita udah berada di awal tahun 2009 M dan 1430 H Insya Allah. Tahun baru, semangat baru, gaya baru dan yang pasti dengan keimanan yang baru. Pergantian waktu, bergulirnya masa, hakikatnya sama saja. Tidak ada yang istemewa, tidak ada yang luar biasa, biasa-biasa saja. Karena waktu di ciptakan Allah sama. Masalahnya bukan pada silih bergantinya waktu itu, tapi sejauhmana kita berupaya memperbaiki diri dari waktu ke waktu, dari masa ke masa. Karena seorang Muslim yang cerdas itu adalah “yang lebih baik dari waktu ke waktu”, berusaha memperbaiki diri, belajar terus, semakin dewasa, jiwanya rindu akan Allah.

Namun sayang seribu sayang, seringkali kita terjebak dalam seremonial. Begitu juga kita sering terlibas zaman, hingga kita terombang ambing dalam samudera kebimbangan. Kita bergadang sampai pagi, dan bahkan tak sering juga kita melakukan perbuatan-perbuatan yang jauh dari sisi fitrah kita. Dan meninggalkan nilai-nilai budaya Agama kita.

Akankah lebih baik, menjelang pergantian tahun, pergantian masa, kita sejenak merenung, memuhasabahi (intropeksi) diri kita-walau sebenarnya muhasabah itu sebaiknya kita lakukan tiap hari, setiap saat. Sebagaimana sahabat yang mulia Umar bin Kathab berkata : “Hisablah (hitunglah) dirimu, sebelum dirimu di hisab”. Oh sungguh indah pesan Umar itu. Alangkah gembiranya hati ini di ingatkan oleh Umar itu.

Atau seperti senandung berikut ini :

Ingat masa mudamu sebelum datang masa tuamu

Ingat masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu

Ingat masa kayamu sebelum datang masa miskinmu

Ingat masa lapangmu sebelum datang masa sempitmu

Ingat masa hidupmu sebelum datang masa matimu.

Iklan

42 Tanggapan to “CATATAN PENGHUJUNG TAHUN”

  1. panjoel said

    semoga hari demi hati mengajarkan kita untuk menjadi lebih baik ya uda alex 🙂

    ^^

  2. Nin said

    penghujung tahun masehi tahun ini bersamaan dengan tahun hijriyah ya….

  3. hanafi said

    Saya terima nasehatnya … jazakallah ya mas, Muhasabahi diri setiap hari.. semoga Allah selalu mengingatkan kita dengan perkara ini.

  4. Selamat Menyambut Datangnya Tahun Baru Dengan Hati Yang Benar benar bersih^^v

  5. ichanx said

    membaca… meresapi… menilai diri sendiri…. duh! kacau nih gw selama ini!

  6. F@tM@ said

    semoga tahun baru, semangat baru dan menjadi lebih baik 🙂

  7. ulfiarahmi said

    ya, taon 2009 dah di depan mata.

    sama-sama kita liat aja rakyat akan melakukan kegiatan ceremonialnya.

    pesta kembang api, tiupan terompet dan hura-hura…

    meski di beberapa sudut kehidupan masih ada yang masih mengais-ngais sampah demi sesuap nasi

  8. Rian Xavier said

    jangan lupa berdoa di tanggal 31 Desember jam 00:00. Berdoalah minta pimpinan Tuhan di tahun 2009. 🙂

  9. elspevensie said

    slamat taon bru smuanya,,

    eh,, kcepetan yah bilangny,,
    hhe,, gpp dh,, cma bbrapa hri lgi,,

  10. Hendrawan said

    dalem bngt bro..

    semoga tahun 2009 ini lebih baik dari tahun lalu…

  11. semoga tahun depan jadi lebih baik ya mas.

    *merenung..*

  12. Istantina said

    Tahun demi tahun datang n pergi, seolah berlalu begitu saja, tanpa kita sempat berbuat sesuatu yg berarti serta menanam budi baik bagi sesama…

    Semoga taon dpn, kita msh diberi kesempatan utk memperbaiki diri….

  13. langitjiwa said

    Selamat malam,sobat.
    aku mau mengucapkan ; SELAMAT TAHUN BARU.

    Salamku,
    langitjiwa.

  14. Gusti Dana said

    Tahun baru saya anggap biasa saja.Yang tidak saya anggap biasa justru semakin bertambahnya umur,sehingga semakin sedikit waktu kita hidup didunia untuk mencari pahala dan ridlo Allah SWT.

  15. Selamat menempuh tahun baru, Semoga Rukun sampai kakek nenek…

  16. tutinonka said

    Selamat Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharram 1930 H.
    Semoga kita bisa mengisi tahun-tahun yang akan datang dengan semangat nasionalisme dan religiusitas demi kemaslahatan umat.

  17. Emang ith lima perkara…

  18. ulfiarahmi said

    kalo selamat tahun baru hijriyah, bru gw mu ucapin…

    Selamat Tahun Baru Hijriyah, 1 Muharram 1930 H.

  19. rita said

    Semoga dengan waktu yang tersisa kita dapat menjadi lebih baik, amien… Selamat memasuki tahun baru 2009, semoga sehat dan sukses, amien

  20. cantigi™ said

    selamat tahun baru hijriyah, semoga kita selalu dalam lindungan Nya, diberikan kesehatan dan kemudahan. amin.. ^_^

  21. arifrahmanlubis said

    awal tahun memang paling baik untuk kontemplasi dan menyusun perbaikan diri

  22. gus said

    suwun atas tamparan nasehatnya untuk saya Kang….kiranya keberkahan bersama kita semua dalam menghadapi masa depan…
    salam hormat dr semarang

  23. madaff said

    Cepat sekali waktu berlalu yah…dan sungguh sangat sedikit yang telah saya perbuat…
    Rabbi, mohon bimbing diri ini,agar bersungguh-sungguh dalam memperbaiki diri…
    Thank da Alex tausiyahnyo…
    Very touchy.

  24. salam kenal, slamat tahun baru 2009 yang tinggal di ujung tanduk, smoga kita bisa beramal lebih banyak di tahun 2009. Dalam Kesadaran menyongsong tahun baru 2009 esok, kita mulai lembaran hidup yang lebih indah dan bermakna. salam

  25. Selamat Tahun Baru, semoga kita bisa lebih baik lagi di tahun ini 🙂

  26. nono said

    Happy New Year 2009… 🙂

  27. Farrel said

    Selamat Tahun Baru 1430 H dan 2009 M.
    Semoga kebaikan tercurahkan kepada kita semua…

  28. Selamat Tahun Baru Hijriyah 1 Muharam 1430 H
    semoga di tahun ini kita selalu dalam lindunganNya
    amin…..

  29. idawy said

    Selamat Tahun Baru buat semuanya…
    Semoga yg jelek2 bisa kita tinggalkan, kita songsong tahun baru dgn energi positif..
    chayo!! 🙂

  30. pututik said

    Selamat datang 2009

    br;

    Pututik

  31. Rifyal said

    adalah kata kata orang besar . . . terima kasih artikelnya keren . oya kalo boleh saya berpendapat , blog anda sangat keren, saya akan berkunjung k embali ke sini, insyaAllah , karena blog an da membuat saya banyak inspirasi . . .

  32. Riny Yunita said

    Selamat tahun baru, semoga sukses.

  33. rian said

    semoga tahun 2009 lebih baik dari tahun 2008.

    happy new year yach.. 🙂

  34. aisalwa said

    Met Tahun Baru

    Semoga di tahun ini kita semua tetap berada dalam kebaikan

    amin

    Semoga masa lalu bisa menjadi cermin untuk berbuat lebih baik

    ~_~

    dan semoga Bang Alex tetap Happy ya …
    ^_^

  35. Rian Xavier said

    Hepi new year. =)

  36. Catra said

    selamat tahun baru da!!!!

  37. met taon baru bang,,

    jdi manusia yg lbih baek yah,,hhe,,

  38. nengdj said

    hi..salam kenaal, happy nu year

  39. mampir ajah,, ternyata blom d apdet,, hhe,,

  40. wi3nd said

    den9an hijrah semo9a menjadi lebih baik la9i dalam se9aLa haL..:)

    happy islamic years and happy new year 2009 lex..:)

  41. qurratulaini said

    salam maal hijrah 1430 H (masih sempat kan? hehehe)
    semoga kita diberi kekuatan mempertahankan iman + amal kita sepanjang tahun ini, yang juga tahun yang mencabar buat saudara2 seaqidah kita jauh di bumu palestin sana. semoga Allah melindungi iman mereka. amin.. 🙂

  42. thanx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: