Balada Orang Biasa

Berbagi Untuk Semua, Ingin Bermanfaat Bagi Sesama

ARTI SEBUAH PENGORBANAN

Posted by lexdoank pada Desember 4, 2008

air-terjunIbrahim alaihissalam mengorbankan anaknya demi sebuah perintah Rabbnya. Kemudian pengorbanan itu berbuah manis dengan di tukarnya Ismail dengan kambing oleh Allah lewat Jibril. Hingga menjadi sebuah ibadah bagi umat Muhammad Rasulullah saw.

Imam Bukhari berkelana keliling dunia, ke Balkh, Naisabur, Rayy, Baghdad, Bashrah, Kufah, Makkah, Madinah, Mesir, dan Syam (Syria sekarang). Ia korbankan waktunya, tenaga dan pikirannya untuk sebuah pengumpulan hadits yang ada pada para ribuan ulama seantero dunia ketika itu. Dan ia melakukan penelitian tentang sebuah hadits hingga sanad-nya sampai kepada Rasulullah. Maka hari ini kita temukan sebuah buku hadits yang di kumpulkan oleh Imam Bukhari.

Thomas Alfa Edison menghabiskan waktunya dengan membaca dan membaca berbagai jenis buku, berjilid-jilid ensiklopedi dibacanya tanpa bosan. Hingga ia menemukan 3000 penemuan salahsatunya adalah bola lampu.

Begitu juga kisah seorang ibu yang membesarkan tiga orang anaknya tanpa di temani seorang suami karena memang sudah mendahuluinya. Bukan tanpa godaan dan rayuan dari laki-laki iseng karena ia memang masih muda dan cantik. Namun ia berhasil menyekolahkan anak-anaknya menjadi sarjana semuanya. Ibu yang hebat menurut saya.

Itu sekedar contoh tentang sebuah pengorbanan. Mengorbankan anak semata wayang darah daging sendiri seperti yang dilakukan Ibrahim. Mengorbankan waktu tenaga dan pikiran seperti Imam Bukhari dan Thomas Alfa Edison. Mengorbankan perasaan, keinginan dan belaian seorang  suami  seperti Ibu itu. Luar biasa memang. Pengorbanan tanpa batas.

Pengorbanan berasal dari cinta, cinta berasal dari keinginan untuk membahagiakan orang yang dicintai. Ibrahim mencintai Allah hingga ia sanggup berkorban. Imam Bukhari mencintai umat ini maka ia berkorban. Thomas Alfa Edison mencintai bangsanya Eropa yang memang ketika itu sedang mengalami masa kegelapan, maka ia berkorban. Ibu tadi berkorban karena ia cinta pada anak-anaknya.

Lalu pertanyaannya adalah siapakah yang kita cintai ??

Allah dan Rasul-NYA ?

Umat ini ?

Bangsa ini ?

Keluarga ?

atau semua yang diatas ?


Maka jika kita memang cinta, bersiaplah untuk berkorban. Karena cinta itu butuh pengorbanan.

Lalu siapakah diantara sahabat yang ingin mencintai?

Iklan

50 Tanggapan to “ARTI SEBUAH PENGORBANAN”

  1. edy said

    pengorbanan yang berujung pada cinta terhadap Allah

  2. wahyu said

    salam pak, dari saya..

  3. LieZMaya said

    pengerbanan ibu untuk saya, yang takkan pernah bisa terbalas dan terlupakan sepanjang masa.

  4. Hellen said

    Pak alex, makasih postingannya.
    Kalau kita mengaku cinta pada Allah, berarti kita berusaha sekuat tenaga untuk menghalau segala godaan, yg keliatannya memukau, namun menyesatkan.

    Btw, pak alex, apa khabar? Lama gak bersua. Aku sering main kesini bbrp wkt silam tp kog bisa masuk ya.

  5. wa2n said

    memang benar cinta butuh pengorbanan, meski tak sedikit orang yang kurang menghargai sebuah pengorbanan…

  6. mayaa said

    t-o-p deh postingannya! dulu saya juga pernah posting serupa ttg pengorbanan ini, tapi lupa link nya.. mampir ya, dan nasihati saya, wass

  7. inoors said

    Assalaamu’alaikum. Salam Kenal. Cinta memang memerlukan pengorbanan. Akankah sesuatu yang kita cintai itu juga akan berkorban bagi kita? Yang jelas jika Allah yang kita berbkorban Kepada Nya, niscaya Allah akan lebih memperhatikan kita.

  8. love-ely said

    Sebuah posting yang bagus untuk direnungkan. Bagi saya pengorbanan adalah memberi TANPA berharap.

  9. thyA said

    semua donk bang alex, hohoh..

    pakabar nii, lama ty gak berkunjung,, 🙂

    selalluuu, inspiratif sekaleee

  10. meiy said

    kadang aku tak mikir soal pengorbanan kalau itu dilakukan dg cinta– ya ikhlas, gimana tu al?
    ah taragak baco tulisan alex nan janiah, alah bulak baliak ka siko alun juo sempat lai baco. *uni sok sibuk* 🙂

  11. yani said

    Bukti cinta adalah adanya pengorbanan…

  12. nono said

    tidak ada ruginya kita berkorban… 😀

  13. hanafi said

    Mas, postingannya bagus. Sehat2 saja khan ?

  14. iza said

    selamat hari raya eidul adha 🙂

  15. heri said

    mampir dulu mas 🙂

  16. wi3nd said

    [00T]

    “haPPy iDuL aDHa…”

    sem09a pen90rbanan ituH takkan sia2..

    yan9 pal!n9 atas dicintai tentunya san9 PencIPTA aLAM seMesTa ALLAH SWT beserTa rasullna..
    keluar9a adalah ba9ian terkecil selanjutnya lalu menyeluruh….

    selalu aDa pen90rbanan daLam melakukan sesuaTu..

  17. oRiDo™ said

    tak kenal maka tak sayang..
    tak kenal maka tak mau berkorban..
    oleh karena itu, sering2lah kita mendekatkan diri utk lebih mengenal Allah swt, sehingga dengan tulus kita dapat berkorban utk menegakkan agama Allah..
    😉

  18. Alhamdulillah, tetap berjuang walau badai menghadang.

  19. kniapril said

    hidup ini perjuangan ya, mas Alex
    tiap orang punya cobaan dan pengorbanannya masing2

  20. alex© said

    Selamat Hari Raya Idul Adha! 🙂

  21. indo said

    Happy weekend ya Mas…:)

  22. Pengorbanan yang “benar” terjadi ketika kita mencintai apa yang hendak kita korbankan. 😀

  23. Billah said

    met idhul adha

  24. rian said

    selamat hari raya idul adha.. 🙂

  25. Edi Psw said

    Dalam kondisi apapun memang butuh pengorbanan.

  26. judith said

    Terlalu banyak berkorban untuk cinta duniawi yang ada malah perang 😦

    Met long long wiken Alex 🙂

  27. reallylife said

    indah nian gambarnya
    rasanya sejuk sekali

  28. zoel said

    Pengorbanan berasal dari cinta, cinta berasal dari keinginan untuk membahagiakan orang yang dicintai. >>>> batua bana da…

  29. tutinonka said

    Kalau menghabiskan waktu berjam-jam untuk menulis di blog, menjawab komentar, dan balas mengunjungi blog teman-teman, itu termasuk pengorbanan nggak ya … hehehe …

  30. Agung said

    Kunjungan pertama nih. Salam kenal yaa…

  31. uNieQ said

    pengorbanan memang karena cinta…

    met hari raya Qurban yaa…

  32. awi said

    selamat ber-Qurban ya Lex

  33. info resep said

    selamat hari raya idul adha……………………..

  34. hanafi said

    Selamat Hari Raya Idhul Adha 1429H Mas…semoga selalu dimudahkan..

  35. ichanx said

    mari makan sateeeeee… hihi

  36. Tuyi said

    Semoga berkah yang berqurban kemarin….

  37. idawy said

    Pengorbanan saya buat orang2 yang saya cintai tentu saja ga sebanding dgn pengorbanan mereka thdp saya, ibu dan bapak terutama.

  38. Semua aja, ya Mas… 🙂

    Selamat Hari Raya Idul Adha… 😀

  39. Meidy said

    wah sama deh.. postingan kita soal berkorban.. smg kita selalu dapatberkorban dg ikhlas, krn sdh banyak kenikmatan yang diberikan olehNya..

  40. aRai said

    orang2 yg terdekat yg saya cintai mah ,,, hehe

  41. catra said

    met idul adha ya bos…….

  42. omiyan said

    yang sulit adalah memulainya dan rasa Ikhlas…

  43. Lyla said

    aku cinta kepada Allah tp sebagai manusia aku udah berusaha untuk meninggalkan segala larangannya dan menjalankan segala perintahnya… selamat hari raya idul adha 1429 H maap terlambat ngucapinnya Pak.

  44. ridhoyp said

    cinta itu hanya butuh alpenlibe 😛 hihihi.. koq iklan.. minal aidin walfaidzin yah.. ^ ^ i love everything or everyone who loves me…

  45. wi3nd said

    masih berkurban..:)

  46. reallylife said

    kang lagi ada di mana ni??/

  47. ai said

    selamat hari raya idul adha

  48. azaxs said

    Selamat Idul Adha.. af1 telat ngucapinnya bang 🙂

  49. ahmad said

    Anda dapat gunakan tag ini:

           Pengorbanan anak Ibrahim bernama Ismail adalah sebuah pembelokan sejarah yang tidak diketahui oleh seluruh umat muslim seluruh dunia

  50. ahmad said

    pengorbanan anak ibrahim bernama ismail adalah pembelokan sejarah yang tidak diketahui oleh umat
    muslim seluruh dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: