Balada Orang Biasa

Berbagi Untuk Semua, Ingin Bermanfaat Bagi Sesama

GURU DAN PERADABAN

Posted by lexdoank pada November 25, 2008

guruMungkin tidak semua orang tahu, bahwa hari ini 25 November adalah hari Guru, ya sebuah hari yang bersejarah bagi seorang Guru. Pertanyaan kemudian adalah sejauh mana kita bisa memaknai hari guru ini? Jawabannya tentu ada sama kita masing-masing. Tentu menjadi sebuah makna yang berarti bagi seorang yang memang profesinya adalah guru. Lain halnya dengan seorang yang memang profesinya bukan seorang guru. Mungkin ia tidak tahu, dan bisa jadi tidak pernah terfikirkan olehnya.

Secara universal guru adalah profesi yang sangat tua, sejak manusia dilahirkan yakni Adam. Adam berguru kepada Allah. Malaikatpun berguru kepada Adam. Dan Adam adalah guru bagi anak-anaknya dan generasi sesudahnya. Para Nabi dan Rasul adalah guru bagi umatnya. Begitu juga Muhammad Rasulullah saw, adalah guru bagi umatnya, guru bagi alam semesta. Para sahabat radihallahu anhum berguru pada beliau saw. Para tabi’in berguru pada para sahabat. Para tabi’it tabi’in berguru pada tabi’in. Begitulah seterusnya sampai pada generasi kita saat ini.

Dengan guru kita menjadi tahu. Dari guru kita menjadi pintar. Melalui guru kita menjadi orang yang baik. Dan melalui guru juga peradaban dunia dibangun. Dan bahkan kejayaan umat ini-pun dibangun di atas perjuangan para guru itu. Karena Guru adalah Pahlawan. Karena guru adalah jiwa pahlawan itu sendiri. Dan guru adalah spirit para pahlawan itu sendiri. Dan guru jugalah yang mencetak para Pahlawan itu.

Hasan Al-Banna adalah seorang guru umat ini. Dia menyemai benih-benih pembangun peradaban ini. Ia mulai dari kota kecil Ismailiyah di Mesir sana. Dan bahkan ia pernah berkata : “Kita akan menjadi Guru bagi alam ini”. Mungkin ia berkata ketika itu adalah sebuah mimpi. Tapi benar saja, saat ini seluruh negara di dunia ini. Da’wah Ilallah yang ia tegakkan melalui Ikhwanul Muslimin berkembang dan mewarnai peradaban dunia saat ini.

Dan berbahagialah wahai para guru, karena amal ibadahmu  itu mengalir lah selalu pahala hingga akhir zaman. Dan karena tugasmu adalah mulia, yaitu membangun peradaban.

Maka seorang Guru adalah seorang pahlawan sekaligus arsitek peradaban itu sendiri.

Bagaimana menurut kawan?

Iklan

55 Tanggapan to “GURU DAN PERADABAN”

  1. nh18 said

    Setuju Uda …

    Selamat Hari Guru …
    Semoga sehat dan bahagia semua …

    Salam saya

  2. ing ngarsa sung tulodho ing madya mangun karsa tut wuri handayani
    lan jer basuki mowo bea

  3. Horee nomor tigaxxx
    Setujuuuu. tanpa guru apalah jadinya dunia ini. Pasti semua orang bodoh semua. Gak ada yg berbagi ilmu. Akhirnya peradaban tidaka akan maju. Barangkali sekarang kita masih di zaman batu, klo tidak ada seorang guru.was
    Agiah taruiiih!!!!

  4. nie said

    guru adalah…pahlawan tak ternilai jasanya 😀 i love yu pak guru, bu guru

  5. Semoga Mereka menciptakan lebih banyak generasi bangsa yang cerdas

  6. terima kasih banget postingannya, bung abdillah. semoga tak sampai meninabobokan kami, para guru, ke dalam sebuah pujian, hingga tak bisa berbuat apa2 utk membangun peradaban bangsa.

  7. awi said

    salah satu amal jariah yg tidak akan pernah habis, yg pahalanya abadi, ya menyampaikan ilmu yg bermanfaat,berbahagialah para guru, aku link balik juga ya

  8. aRuL said

    selamt hari guru….
    wah kayaknya alex terinspirasi oleh anis Matta 🙂

  9. Sebagai anak seorang guru, Abu merasa malu tidak tagu hari ini hari guru….

  10. reza said

    Selamat hari guru wahai guru-guru….

    memang sangat besar jasa guru kekita…

    sungguh besar, sebesar….

  11. Ranny said

    kita haru bertemia kasih kepada pahlawan tanpa tanda jasa itu..selamat hari guru buat semua guru di muka bumi ini

  12. suwung said

    karena guru diriku bisa baca tulis

    sekarang bisa ngeblog karena bisa baca tulis
    makasih guru

  13. yannie said

    Guru salah satu profesi yang sangat berjasa dalam mengembangkan intelektualitas anak …
    Selamat Hari Guru
    Tetap sabar dan bertanggung jawab dalam profesimu….

  14. danummurik said

    Guru lah yang mencerdaskan bangsa. Hidup guru…

  15. Halooo uda, link nyo alah ambo pasang, link balik yo

  16. HeLL-dA said

    Setuju, Om..
    Sebenarnya secara tdk langsung setiap orang jg pernah menjadi guru, spt sekarang ini, kita menulis di blog – tapi bukan ‘menggurui’ lho.
    😉

  17. easy said

    Ibuku juga seorang Guru..
    Beliau sedari gadis hingga sekarang mengabdi untuk mendidik anak bangsa ini..

    sungguh pekerjaan yang sangat mulia

  18. wi3nd said

    selamat hari 9uru…

    trimakasih wat para 9uru9uru..
    pahlawan tanpa tanda jasa katanya,tapi ba9iQ mrekalah yan9 mebuka cakrawala pikirin saat daku masih kecil dan baru belajar,kemudian daku bisa men9emban9kan kembali penalaran,sikap dan lainya..

    pada alam,pada lin9kun9an pada lan9it dan bumi tempatQ berpijak akupun ber9uru padanya..trimakasiiiiih..:)

  19. arifrahmanlubis said

    selamat untuk para guru

    juga kita para “guru” 🙂

  20. F@tM@ said

    Selamat hari Guru.

  21. Selamat hari guru ke-63. Semoga Guru dan Dosen mendapatkan kesejahteraan yang lebih layak. Kita menanti janji presiden kita, bahwa terhitung 1 Januari 2009 maka gaji guru min. Rp. 2.000.000,-

  22. Zulmasri said

    Semoga ke depannya nasib guru lebih baik dan terhormat, gak sekedar hasil sertifikasi.

    selamat hari guru — dari guru untuk guru —

  23. azaxs said

    Setuju mas…. guru adalah poros peradaban…

    Selamat hari guru.. 🙂

  24. jaaaaah..aku aja lupa 😀
    guru sekarang susah bgt kehidupannya..kasian

  25. rizoa said

    iyaa… kasian liyat guru yang kayak gitu..palagi guru honorer… uwh… kenapa pemerintah begitu tega??? menutup mata dan telinga??? nggak malu liat guru pada demo!! [upzz]

  26. Artha said

    Selamat buat para guruku terima kasih atas pengetahuannya

  27. thya said

    eh, ia ya, 25 nov hari guru… wah wah … selamat deh buat para guru, semoga semakin berkualitas!

  28. yg brjasa itu guru,,yg lebih brjasa gurunya guru,,trus masi ada lgi gurunya gurunya guru,,

    ah,pusing ah,,,slamet hari guru wahai para guru yang mulia!!

  29. edratna said

    Selamat hari Guru
    (keluargaku hampir semua berprofesi menjadi guru…kecuali aku yang nyelonong ke perbankan, tapi setelah pensiun menjadi guru juga).

    Tanpa guru, kita tak menjadi apa-apa

  30. Sarah Luna said

    Yup… Guru is the best teacher.. dalam segala hal pastinya.. semua kan yg ngajarin guru…

  31. be samyono said

    memang agak diluar dugaan bulan ini ternyata terselip hr guru yang kalah pamor ternyata dengan 2 mei 🙂 tak terasa

  32. semoga mereka para guru yg berbakti dan berjuang dengan ikhlas dan memberikan contoh yg baik bagi peserta didiknya mendapat tempat yang istimewa dinegara ini.. karena kalo dapat tempat yg istimewa disisi Allah itu udah pasti kan 🙂

  33. juliach said

    Selamat menjadi guru dan Bon courage!

  34. wennyaulia said

    huehehehe….
    saya termasuk di antara yang ndak tau itu 😳

  35. viestinlove said

    hehehe
    aku jadi kangen guru2 SMA ku

  36. salam untuk semua guru yang ada di indonesia
    salam semangat

  37. heri said

    Imam Syahid Hasan al Banna Memang luar biasa menginspirasi – jika kita memang mau benar-benar jujur mengkaji perjalanan hidup beliau 🙂

  38. redesya said

    Aku bisa seperti ini juga karena ada guru..

    Btw aku juga suka buku Hasan Al-Banna

  39. zulham said

    Oh guru
    Betapa besar jasamu…

  40. Eucalyptus said

    Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa..
    BTW bisa gak ya saya jadi guru? Hiks….belum pede neh… apalagi terhadap alam

  41. indo said

    Jasamu tak mudah terlupakan..:)

  42. abeeayang said

    *baru saja beroleh pengalaman jadi guru beneran* 😛

  43. kniapril said

    Selamat ya buat para Guru..
    Enjoy the day. Ting.

  44. Gus Yehia said

    Terima Kasih Guru

  45. zoel said

    selamat hari guru,, tanpa dia saya g’ bisa membuka jendela dunia

  46. agunk agriza said

    selamat hari guru 🙂

  47. realylife said

    jadi kangen ma guruku ni

  48. judith said

    Betul banget lex, memang Guru seperti Pahlawan tanpa jasa 😎 ..
    Aku punya temen yang nggak suka bercita2 sebagai guru, alasannya nggak keren … “Ntar kalo aku jadi guru, murid2ku bisa2 lebih pinter ketimbang aku, nggak mau jadi guru ah!”.. gitu katanya.

    Sedangkan tugas guru kan memang bikin pinter murid ya? he he.. Good luck Alex, met beraktivitas ya 🙂

  49. Edi Psw said

    Setuju! CUman sayangnya perhatian pemerintah tentang kesejahteraan guru masih kurang sehingga sebagian besar guru nyambi kerja lain untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, sehingga kurang fokus dalam tugasnya sebagai guru.

  50. ekoph said

    Ada yang tau kenapa tanggal 25 nov dijadikan sebagai hari guru ?

  51. Rita said

    Mudah-mudahan kedepannya para guru mendapat perhatian yang lebih baik lagi…..Para “guru” membenahi dan membentuk kita untuk manjadi tangguh dan mampu melangkah menemukan arah menuju masa depan…

  52. achoey said

    Meski telat
    aku kan ngucapin
    Met Hari Guru

    Aku bangga pada mereka

    Sahabat, aku senang bisa kembali menyapamu 🙂

  53. zee said

    Biarpun telat saya jg mo ucapin Selamat Hari Guru. Mungkin klo saya bertandang ke rumah guru-guru saya dulu, saya akan terharu. Kadang mereka hrs bertahan dgn hidup sederhana sbg guru, smtr kita para murid sdh jadi orang, sedih juga….

  54. sampai kapanpun guru tetaplah guru. sejahat2nya guru tetaplah baik sepanjang masa.

  55. basuki said

    tapi yang saya heran, kok ya ada ya guru yang hanya menghitung keuntungan saja saat membagikan ilmu, dan berat sekali untuk melakukan kajian mendalam terhadap ilmu yang diberikan kepada murid…seakan mengajar atau menyampaikan materi hanya sebuah kewajiban atau menggugurkan tugas, tanpa memperhatikan penerapan dari ilmu itu sendiri, karena kadang, merekapun tidak bisa merapkan ilmu yang dimilikinya, contoh: guru mata pelajaran ini, ilmu dia punya, tapi kesehariannya…blas…ndak nyambung dengan keilmuannya, wah bagaimana ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: