Balada Orang Biasa

Berbagi Untuk Semua, Ingin Bermanfaat Bagi Sesama

Muhammad Al-Fatih : Sang Pembebas Konstantinopel

Posted by lexdoank pada November 14, 2008

Abu Qubail menuturkan dari Abdullah bin Amr bin Ash, “Suatu ketika kami sedang menulis di sisi Rasulullah SAW, tiba-tiba beliau ditanya, “Mana yang terkalahkan lebih dahulu, Konstantinopel atau Romawi?” Beliau menjawab, “Kota Heraklius-lah yang akan terkalahkan lebih dulu.” Maksudnya adalah Konstantinopel.” [H.R. Ahmad, Ad-Darimi, Al-Hakim]

“Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” [H.R. Ahmad bin Hambal Al-Musnad 4/335]

muhammad-al-fatihKekaisaran Romawi terpecah dua, Katholik Roma di Vatikan dan Yunani Orthodoks di Byzantium atau Constantinople yang kini menjadi Istanbul. Perpecahan tersebut sebagai akibat konflik gereja meskipun dunia masih tetap mengakui keduanya sebagai pusat peradaban. Constantine The Great memilih kota di selat Bosphorus tersebut sebagai ibukota, dengan alasan strategis di batas Eropa dan Asia, baik di darat sebagai salah satu Jalur Sutera maupun di laut antara Laut Tengah dengan Laut Hitam dan dianggap sebagai titik terbaik sebagai pusat kebudayaan dunia, setidaknya pada kondisi geopolitik saat itu.

Yang mengincar kota ini untuk dikuasai termasuk bangsa Gothik, Avars, Persia, Bulgar, Rusia, Khazar, Arab-Muslim dan Pasukan Salib meskipun misi awalnya adalah menguasai Jerusalem. Arab-Muslim terdorong ingin menguasai Byzantium tidak hanya karena nilai strategisnya, tapi juga atas kepercayaan kepada hadits Rasulullah SAW melalui riwayat Hadits di atas.

Upaya pertama dilakukan oleh Muawiyah bin Abu Sufyan pada tahun 668 M, namun gagal dan salah satu sahabat Rasulullah SAW yaitu Abu Ayyub Al-Anshari ra. gugur. Sebelumnya Abu Ayyub sempat berwasiat jika ia wafat meminta dimakamkan di titik terjauh yang bisa dicapai oleh kaum muslim. Dan para sahabatnya berhasil menyelinap dan memakamkan beliau persis di sisi tembok benteng Konstantinopel di wilayah Golden Horn.

Generasi berikutnya, baik dari kekhalifahan Bani Umayyah dan Bani Abbasiyyah hingga Turki Utsmani pada masa pemerintahan Murad II ayah Muhammad II juga gagal menaklukkan Byzantium. Salah satu peperangan Murad II di wilayah Balkan adalah melawan Vlad Dracula, seorang tokoh Crusader (Perang Salib) yang bengis dan sadis (Dracula karya Bram Stoker adalah terinsipirasi dari tokoh Vlad Dracula ini, Insya Allah tokoh Dracula akan dibahas dalam Postingan berikutnya). Selama 800 tahun kegagalan selalu terjadi, hingga anak Sultan Murad II yaitu Muhammad II naik tahta Turki Utsmani.

Sejak Sultan Murad I, Turki Utsmani dibangun dengan kemiliteran yang canggih, salah satunya adalah dengan dibentuknya pasukan khusus yang disebut Yanisari. Dengan pasukan militernya Turki Utsmani menguasasi sekeliling Byzantium hingga Constantine merasa terancam, walaupun benteng yang melindungi –bahkan dua lapis– seluruh kota sangat sulit ditembus, Constantine pun meminta bantuan ke Roma, namun konflik gereja yang terjadi tidak menelurkan banyak bala bantuan.

muhammad-al-fatih1Hari Jumat, 6 April 1453 M, Muhammad II atau disebut juga Mehmed II bersama gurunya, syaikh Aaq Syamsudin, beserta pasukannya dibawah komando Halil Pasha dan Zaghanos Pasha merencanakan penyerangan ke Byzantium dari berbagai penjuru benteng kota tersebut. Dengan berbekal 150.000 ribu pasukan dan meriam buatan Urban –teknologi baru pada saat itu– Muhammad II mengirim surat kepada Paleologus untuk masuk Islam atau menyerahkan penguasaan kota secara damai atau perang. Constantine XI Paleologus menjawab tetap mempertahankan kota dengan dibantu oleh Kardinal Isidor, Pangeran Orkhan dan Giovanni Giustiniani dari Genoa.

Kota dengan benteng 10m-an tersebut memang sulit ditembus, selain di sisi luar benteng pun dilindungi oleh parit 7 m. Dari sebelah barat melalui pasukan altileri harus membobol benteng dua lapis, dari arah selatan laut Marmara pasukan laut harus berhadapan dengan pelaut Genoa pimpinan Giustiniani dan dari arah timur armada laut harus masuk ke selat sempit Golden Horn yang sudah dilindungi dengan rantai besar hingga kapal perang ukuran kecil pun tak bisa lewat.

Berhari-hari hingga berminggu-minggu benteng Konstantinople atau Byzantium tak bisa jebol, kalaupun runtuh membuat celah pasukan Constantine mampu mempertahankan celah tersebut dan dengan cepat menumpuk kembali hingga tertutup. Usaha lain pun dicoba dengan menggali terowongan di bawah benteng, cukup menimbulkan kepanikan kota, namun juga gagal. Hingga akhirnya sebuah ide yang terdengar bodoh dilakukan hanya dalam semalam. Salah satu pertahanan yang agak lemah adalah melalui selat Golden Horn yang sudah dirantai. Ide tersebut akhirnya dilakukan, yaitu memindahkan kapal-kapal melalui darat untuk menghindari rantai penghalang, hanya dalam semalam dan 70-an kapal bisa memasuki wilayah selat Golden Horn.

29 Mei, setelah sehari istirahat perang Muhammad II kembali menyerang total, diiringi hujan dengan tiga lapis pasukan, irregular di lapis pertama, Anatolian Army di lapis kedua dan terakhir pasukan Yanisari. Giustiniani sudah menyarankan Constantine untuk mundur atau menyerah tapi Constantine tetap konsisten hingga gugur di peperangan. Kabarnya Constantine melepas baju perang kerajaannya dan bertempur bersama pasukan biasa hingga tak pernah ditemukan jasadnya. Giustiniani sendiri meninggalkan kota dengan pasukan Genoa-nya. Kardinal Isidor sendiri lolos dengan menyamar sebagai budak melalui Galata, dan Pangeran Orkhan gugur di peperangan.

Konstantinopel telah jatuh, penduduk kota berbondong-bondong berkumpul di Hagia Sophia, dan Sultan Muhammad II memberi perlindungan kepada semua penduduk, siapapun, baik Islam, Yahudi ataupun Kristen. Hagia Sophia pun akhirnya dijadikan masjid dan gereja-gereja lain tetap sebagaimana fungsinya bagi penganutnya.

Makanya karena prestasinya menaklukkan Konstantinopel, Muhammad II kemudian mendapat gelar “Al-Fatih”. Artinya Sang Pembebas”. Barangkali karena para pelaku sejarah sebelumnya tidak pernah berhasil melakukannya, meski telah dijanjikan nabi SAW.

Namun orang barat menyebutkan The Conqueror, artinya Sang Penakluk. Ada kesan bila menggunakan kata “Sang Penakluk” bahwa beliau seolah-olah penguasa yang keras dan kejam. Padahal gelar yang sebenarnya dalam bahasa arab adalah Al-Fatih. Berasal dari kata: fataha – yaftahu. Artinya membuka atau membebaskan. Kata ini terkesan lebih santun dan lebih beradab. Karena pada hakikatnya, yang beliau lakukan bukan sekedar penaklukan, melainkan pembebasan menuju kepada iman dan Islam.

istanbul-hagia-sophiaToleransi tetap ditegakkan, siapa pun boleh tinggal dan mencari nafkah di kota tersebut. Sultan kemudian membangun kembali kota, membangun sekolah –terutama sekolah untuk kepentingan administratif kota– secara gratis, siapa pun boleh belajar, tak ada perbedaan terhadap agama, membangun pasar, membangun perumahan, bahkan rumah diberikan gratis kepada para pendatang yang bersedia tinggal dan mencari nafkah di reruntuhan kota Konstantinople atau Byzantium tersebut. Hingga akhirnya kota tersebut diubah menjadi nama Islambul yang berarti “Kota Islam”. Tapi kini nama tersebut telah diganti oleh Mustafa Kemal menjadi Istanbul. Dan pencarian makam Abu Ayyub sahabat Nabi dilakukan hingga ditemukan dan dilestarikan.

Dan kini Hagia Sophia yang megah berubah fungsi menjadi museum. Jika sahabat semua berkesempatan ke Turki singgahlah kesini.

*Referensi dari berbagai sumber

Iklan

66 Tanggapan to “Muhammad Al-Fatih : Sang Pembebas Konstantinopel”

  1. Didta said

    Info menarik thanx

  2. a3u5z1i said

    Tahun lalu saya sempat membaca biografinya. Dan kisahnya benar-benar sebuah kisah yang luar biasa 😀

  3. rOe said

    Bang… saya salut ama pengetahuan sejarahnya..

    bagi2 referensi bukunya dong bang. kebetulan saya termasuk penikmat sejarah (apalagi sejarah ttg islam)

  4. wah..
    bs nambah wawasan nh..
    thx y…

    slam knal..

  5. indo said

    ceritanya menarik bangetnih, buat tanbah pengetauan…

  6. semoga di indonesia juga ada sosok seperti al fatih..

  7. alex© said

    Mantap.. mantap..

    Saya juga kurang tahu banyak tentang figur yang satu ini. Dalam kisah-kisah paska khulafaurrasyidin, nama seperti Salahuddian Al-Ayubi lebih menggema daripada sejumlah figur-figur lain ya? 😕

    Saya sendiri mencoba mengumpulkan catatan para penakluk di daratan Spanyol, sejak pendaratan Tariq bin Ziyad di sana. Cuma sayang, masih kurang lengkap 😐

    *save-as*

  8. hmcahyo said

    sipp maas… diseimpen dulu 🙂

  9. theloebizz said

    jd pengen ke turkiiiii 🙂

  10. suwung said

    jadi pengen ke pak alex dan baca baca juga
    biar gak gaptek dan gapil (gagap ILMU)

  11. achoey said

    Subhanallah
    betapa kekaguman memuncak
    pada sosok bijak yang pemberani

  12. achoey said

    Subhanallah
    Semoga putra sahabatku yang bernama Fatih kelak bisa sehebat beliau

  13. hanafi said

    “Sebelumnya Abu Ayyub sempat berwasiat jika ia wafat meminta dimakamkan di titik terjauh yang bisa dicapai oleh kaum muslim. Dan para sahabatnya berhasil menyelinap dan memakamkan beliau persis di sisi tembok benteng Konstantinopel di wilayah Golden Horn.”

    inilah luasnya kavling surga yang akan di dapat oleh Sahabat Nabi Abu Ayub Al Anshari. Jarak Madinah-Istanbul akan dipenuhi istana dan kebun2 surga milik Sahabat Yang Mulia Abu Ayub r.a. Ada yang mau dapat lebih luas lagi ? 🙂 Semoga selalu sehat ya mas … 🙂

  14. langitjiwa said

    kapan yah,aku bisa kesana,hehehe..

  15. Rindu said

    mengisi jiwa dengan tulisan ini …

  16. ridu said

    wah menambah ilmu banget, terutama tentang para pemimpin2 islam

  17. Catra said

    sarat ilmu dan pengetahuan. tipe saya banget artikel ini. sebab saya suka sejarah hehehe

  18. Yari NK said

    Wah… siip deh…. sarat pengetahuan tentang sejarah terutama pada saat budaya Islam dan barat masih saling berbenturan pada abad pertengahan.

    Btw, kalau nggak salah hagia sophia (ayasofya) masih ada sisa2 ornamen gerejanya deh sampai sekarang walaupun memang sekarang ayasofya fungsinya bukan lagi sebagai gereja atau masjid melainkan museum….

  19. Satu lagi Pejuang yang saya tahu selain Sholahudin al-Ayubi 😀

  20. munadhia said

    salam.. trimas ya alex.. silalah link kn blog sy.. mga sama2 kita mndapat manfaatnya ya.. sy linkkan juga blognya ya.. trima ksh.. =)

  21. -chie- said

    info baru nih .. 🙂

    slam kenal yaa~

    😀

  22. Sarah Luna said

    Numpang baca..
    Nama besar yaa.. Pantes kaka saya kasih nama Fatih buat keponakan saya.

  23. keren bang

  24. keluargadhany said

    banyak suri tauladan yang harus kita petik…

  25. Mamas said

    Bisa sekalian belajar sejarah islam, dan dunia nih….

  26. wi3nd said

    subhanalloh..

    tr!makasih karna menambah la9i pen9etahuanQ tt9 sejarah2 islam…

    aL fatih…mm..its s0 nice*tersenyum penuh art!*

  27. ibnusy said

    membaca tulisan mas alex serasa menjadi saksi sejarah. seolah setiap rangkaian cerita, kita dilibatkan sebagai bala tentara yang ikut menunggang kuda, memanah dan juga terluka.

    mas, ada yang kurang tuh. umur al fatih tidak disinggung. saya yakin masih muda, karena fitrah perubahan ada pada pemimpin muda.

    “Sungguh Konstantinopel akan ditaklukkan, sebaik-baik pemimpin adalah pemimpin pasukan pada saat itu dan sebaik baik pasukan adalah pasukan pada saat itu”

    semoga tidak hanya sebatas romantisme sejarah (Islam).

  28. arifrahmanlubis said

    cerita2 begini perlu di sampaikan ke anak2 kita sejak kecil..insyaAllah 🙂

  29. Rita said

    Yang menarik, adalah sikap toleransi MUhammaad II…..Tidak membabibuta menghabisi masyarakat yang berasal dari beberapa aliran kepercayaan….
    Siapa yaa penemu ide memindahkan kapal-kapal melalui darat untuk menghindari rantai penghalang? jadi
    Kapan yaa bisa kesana ??

  30. Pengen ke Turki…

  31. wah, terima kasih. saya lagi mencari-cari artikel ini
    terima kasih Jazakallah khairan katsir

  32. Saya kira blogger Indonesia yang bernama Fatih Suyud 😛

    *ngaco.com

  33. Hafidz said

    Subhaanalloh….
    Seharusnya kisah-kisah seperti ini bisa di filmkan, karena untuk saat ini anak2 dan pemuda lebih tertarik menonton film dari pada membaca. kisah yang menambah iman setiap yang membacanya…
    Aamiin.. Semoga kita bisa berkumpul dengan para asy-syuhada di hari kelak…Aamiin

  34. uda ada versi cartoonnya mabk..
    silahkan tonton disini…
    http://video.google.com/videoplay?docid=-1790877653830860287

  35. Ayoo ! Kita Teruskan Perjuangan Beliau Dengan menegakkan dan memperjuangkan kembali negara KHILAFAH Islamiah ….ALLAHUAKBAR!

  36. […] 4. https://bahagialah.wordpress.com/2008/11/14/muhammad-al-fatih-sang-pembebas-konstantinopel/ […]

  37. cerita ini sunngguh menajubkan dimana umat muslim sangat hebat bisa menaklukan byinzantium yang kokoh!!!!!!!!!!!!!!!saya juga kalo sukses pingin ke tiga tempat yang dimana ada peradaban islam
    1 mekah&madinah
    2turki
    3cordoba spanyol

  38. Ayu said

    Info sangat bagus…kalu boleh tambah video

  39. M. Iraz tetra putra said

    i just can say that, this is amazing story,,, so interesting

  40. sri komariah said

    menurutku si mehmed itu lbh tepat di juluki si perampas, krn merampas yg bukan miliknya, kyk gt kok di banggakan n dihormati!!!
    heran,,,!!!??? logika dr mana ya? he3

  41. rian said

    memang dunia ini diperuntukan untuk orang2 yg beriman…
    muhammad Alfatih slam sejahtera bagimu

  42. Abu Dzikri said

    Sebuah kisah yang FENOMENAL menurut saya, Muh.AlFatih ini memang betul-betul menjadi sebaik-baik pemimpin sebagaimana kabar gembira yang disabdakan Rasulullah SAW tentang penaklukan Konstantinopel.
    Bagi kita sekarang, memiliki kesempatan untuk menjadi UMMAT TERBAIK dengan berusaha untuk menaklukkan kota ROMA yang juga merupakan kabar gembira yang juga disabdakan oleh Baginda Rasulullah SAW. Allahu Akbar…3x

  43. Taupik said

    luar biasa kisah nya,,,saya sangat menyukai nya,,,,,,,,,,, patut menjadi contoh tauladan bagi anak2 muda agar meniru semangatnya….

  44. fathir said

    subhanallah Alangkah besar perjuangan untuk menaklukan konstantinopel kapan indonesia bisa di taklukan oleh umat islam ya?

  45. ilham..., said

    Al-Fatih pemimpin terbaik setelah nabi,,,

    kagum padanya, semangat jhad nya,
    keagamaanya yang tidak pernah meninggalkan shalat sunnah rawati, tahajjud pa lagi shalat wajib sekalipun semenjak Baliq hingga meningga;

  46. Seandainya ada yg berani mengangkat sejarah ini menjadi cerita komix or cerita adventure…. pasti nya lebih seru dr pd harry potter….

  47. mengagumi al fatih sambil melupakan sistemnya, tidak akan menemukan penggantinya. Merindukan pemimpin dan jenderal model al fatih, tanpa merindukan sistem yang membesarkannya adalah kerinduan yang sia-sia…
    Sistem apakah itu….? Sistem Khilafah…, marilah kita sama-sama berjuang merealisasikan sistem yang hancur itu, itulah kewajiban utama kita, dan yakinlah jika sistem itu terwujud, maka akan muncul Sultan Alfatih berikutnya yang akan menyempurnakan kabar gembira nabi: menaklukkan ROMA !

  48. afaf sabrina said

    keren ceritanya….

  49. afaf sabrina said

    subhanallah,susahny prjuangan umat islam mnaklukan kota bizantium,
    tpi brkat al-fatih smuany bres..
    aq jdi kgum ma al-fatih,
    udah slatny rjin,dri slat fardhu,sunnah rawatib,smpe tahajjud g prnah ktinggalan
    ya allah,mdah2an hamba bsa brkmpul brsama org sprti al-fatih di akhirat kelak….aamiinn…

  50. 3dores said

    Masyaallah, kl baca sejarah muhammad al-fatih superman (kl pun asli) tak ada apa-apanya. Islam sebenarnya lebih banyak memiliki idola yg luar biasa, tapi kurang dikenalkan kepada anak2

  51. […] Muhammad Al-Fatih : Sang Pembebas Konstantinopel […]

  52. raihan viandika said

    bgus nih critanya…………….

  53. kren banget,idola deh

  54. insfirasi hiduf

  55. mayangfi said

    suka bgt sm kisah yang satu ini,. bener2 keren,.. !!!! man jada wa jada

  56. Taufikurrahman said

    info yg sangat menarik dan membuatq mengukuhkan nama anakq menjadi Muhammad Al Fatih Rahman

  57. nice 😀

  58. adakah filmnya??/

  59. yossyrahadian said

    BUku tentang Muhammad Al-Fatih sudah ada. Muhammad Al-Fatih 1453 karya Felix Y. Siauw. Sangat menarik dan detail dari sisi historis dan atmosphere pada saat itu. Very recomended book

  60. Mank Saladdin said

    Allahuakbar!…arah Dunia sudah semakin dekat ke- era Kejayaan Islam Akhir Zaman..
    pasca keruntuhan KHILAFAH Turkey Utsmani 100 tahun lalu.., Allah Takdirkan terjadi Perang Dunia I dan Perang Dunia II, dimana Sunnatullahnya menjadikan Negara Sekuler Amerika+Sekutu & Eropa(Roma) berjaya, Termasuk pula Revolusi Industri di Prancis Sehingga Paham Sekulerisme Liberal Memimpin Dunia saat ini.

    Tapi Nubuat Baginda Rasulullah SAW :
    Abu Qubail menuturkan dari Abdullah bin Amr bin Ash, “Suatu ketika kami sedang menulis di sisi Rasulullah SAW, tiba-tiba beliau ditanya, “Mana yang terkalahkan lebih dahulu, Konstantinopel atau Romawi?” Beliau menjawab, “Kota Heraklius-lah yang akan terkalahkan lebih dulu.” Maksudnya adalah Konstantinopel.” [H.R. Ahmad, Ad-Darimi, Al-Hakim]

    Sultan Muhammad Al-Fatih sudah diTAKDIRKAN ALLAH menjadi bukti shahih Hadist Nabi diatas…dan era Khilafah bertahan 500 tahun setelahnya!!!

    Maka Giliran kita Ikut Andil untuk membuat TAKDIR ALLAH terjadi berikutnya:
    Penaklukan Amerika & Romawi (Eropa) yg berpusat di ROMA Italia…

    Allahuakbar!!!

  61. HARIST said

    COBA KITA SEPERTI MEREKA TEGAKKAN DAKWAH MENYEBARKAN AGAMA MUNGKIN AMERIKA DAN RUSIA BISA TAKHLUK, TAPI KITA MALAH SIBUK DGN DUNIA MAKA SEMAKIN HARI SEMAKIN TERTINDAS KARENA AGAMA SUDAH BUKAN TUNTUTAN TAPI HANYA SAMPINGAN,,,

  62. sungguh perjuangan yg luar biasa…mdah2mdahan kta umat islam yg skrang bsa mngikuti langkah langkag sperti muhammad al-fath shingga islam bsa jaya sperti pda msa ke emsanx dulu..amin allahuakbar…!

  63. hana rusma said

    Buku fenomenal “MUHAMMAD AL-FATIH 1453”
    karya ust.Felix Y Siauw.
    buku yg sangat luar biasa,membuat pembaca tidak bosan untuk membacanya.
    Harga Rp.70.000 (belum termasuk ongkos kirim)
    tersedia juga DVD FETIH 1453 subtitle indonesia & english (teks original),kwalitas gambar original,hard cover.
    Harga Rp.50.000
    tersedia juga buku-buku best seller karya Felix Siauw :
    -Habits
    -Beyond The Inspiration

    info & pemesanan
    HANA RUSMA
    0852-2074-1915
    0857-9575-1650
    bandung

  64. priyanto said

    Subhanallah indahnya Indonesia klo ada tokoh yang Iklash seperti Muhammad Al fatih

  65. ainun said

    kakau peminpin sekarang sepertih Muhammad A-Fatih? Subhanallah

  66. Please let me know if you’re looking for a article writer for your blog. You have some really great posts and I believe I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I’d really like to write some articles for your blog in exchange for
    a link back to mine. Please shoot me an e-mail if interested.
    Thank you!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: