Balada Orang Biasa

Berbagi Untuk Semua, Ingin Bermanfaat Bagi Sesama

KAPAN KITA ISTIRAHAT ?

Posted by lexdoank pada Oktober 31, 2008

Ketika Imam Ahmad bin Hambal ditanya, “Kapan seorang itu berhenti dan beristirahat?

Imam Ahmad bin Hambal menjawab, “Jika kita telah menginjakkan kaki di Surga, maka disanalah kita akan beristirahat.”

Itulah penggalan percakapan Imam Ahmad dengan muridnya, saya baca lima tahun yang lalu, namun saya bertemu lagi percakapan ini dalam buku “La Tahzan” karya DR. ‘Aid Al-Qarni, sang penulis produktif itu.

Pertama membacanya, saya sempat kaget dan shock, ternyata hidup kita didunia ini adalah hanya tempat kita bekerja, bekerja untuk akhirat kita, bekerja untuk masa depan kita, masa depan di Surga sana.

Tidak ada kata istirahat dan meng-nganggur di dunia ini, harus senantiasa bergerak dan berkarya, kalaupun ada hanya sebatas kita melepas lelah sebentar saja, apabila malam datang menyapa, namun itu juga harus kita manfaatkan untuk ber-mesra-an dengan Sang Kekasih. Ber-mesra-an dibalik dinding-dinding mihrab sholat kita, “memadu kasih” dan “bercinta” dengan-NYA, diujung sepertiga malam, di saat orang-orang tertidur pulas, disaat orang-orang bermimpi dalam lelapnya.

Ketika hati kita sudah dipenuhi rasa cinta yang amat sangat mendalam kepada yang di cintainya, ketika jiwa kita sudah terasuk kerinduan yang begitu memuncak kepada yang dirinduinya yaitu Allah, maka ketika itu ada sebuah ketenangan dan ketentraman di dalam jiwa terasa, apatah lagi ketika kita menjumpai-Nya dalam husnul khatimah yaitu akhir yang baik, menghadapnya dalam keadaan hati dan jiwa penuh ridho, ridho dengan apa yang diberikan-Nya selama hidup kita, Subhanallah.

Itulah ketenangan yang abadi, itulah kebahagian yang tiada tara. Itulah awal kita beristirahat selamanya. Tiada lagi capek, tiada lagi sakit, tiada lagi mengeluh, tiada lagi bekerja, kita hidup abadi selamanya dan bahagia selama-lamanya, di Surga-NYA, Insya Allah…amin.

Dan bahagialah……..wahai saudaraku…… bahagialah…….


image dari sini

Iklan

48 Tanggapan to “KAPAN KITA ISTIRAHAT ?”

  1. Eucalyptus said

    Subhanallah… Terima kasih Lex renungannya…. saya jadi terpacu neh untuk memperbaiki “kerja” di dunia yang hanya sementara ini, untuk bekal di akhirat kelak.
    Gak terbayang deh kalau2 bekal yang kita bawa tidak memadai, dan kita tidak bisa menginjakkan kaki untuk beristirahat di surga…

  2. Eucalyptus said

    Oalah, pertamax tuh.. hue he he…. have a nice week end ya Lex..

  3. achoey said

    Jika kita benar2 berada di jalan yg diridhoi-Nya
    aka kita harus bahagia akan tempat peristirahatan kita yg abadi
    Maka saling mengingatkan agar tetap dijalurnya

  4. edratna said

    Memang kita harus terus bergerak, belajar, melihat…..namun juga kadang perlu istirahat sejenak….

  5. ai said

    mulai sekarang harus memperbaharui cita – cita neh… cita – cita saya adalah bahagia di dunia dan akhirat

  6. hmmm… kalu kita tak hidup di jalan yang punya surga itu, artinya kita gak bisa istirahat ya nanti… tapi dikejar2 ehh dijilat terus sama api neraka..duuhhh… bingung bgmn biar bs masuk surga… kadang teori dan praktek selalu membuat dilema..

  7. Panda said

    semoga hidup kita semua membawa berkah, amin

    OOT : maaf mas, link baru terpasang jarang ol soalnya.linknya dgn nama Balada Orang Biasa. makasih 🙂

  8. Mang Kumlod said

    Jadi pengen cepet2 istirahat nih mas…
    (Kunjungan balik nih mas)

  9. jeunglala said

    Mas Alex…

    Tulisannya indah banget.
    Saya berharap, kelak, tempat peristirahatan saya adalah tempat yang sangat indah…

    (makasih ya, Mas! it’s so inspiring!)

  10. chic said

    makasih pencerahannya 🙂

  11. Kita memang kelelahan membawa bendera perang, kadang kotor, robek dan jatuh ke tangan musuh. Sesekali beristirahat untuk terus membawa lagi bendera itu, sampai ke tangan Tuhan.

  12. be samyono said

    bendera dalam banyak makna… namun intinya sama. sesuatu yang harus kita jaga

    sukses mas. makin produktif saja

  13. munadhia said

    dalam kita mlayari kehidupan dunia.. kt perlu ingat ia tidak abadi.. sdgkan akhirat juga yg hakiki.. salam ziarah dr malaysia…

  14. ario saja said

    dalem banget ya

  15. Yoyo said

    Tunjukkanlah Kami jalan lurus untuk kembali ke tempat istirahat itu, Amin….
    terima kasih sudah berkunjung, Wassalam….

  16. yannie said

    Mudah2an kita termasuk ke dalam orang yang mencintai dan dicintai Allah…

  17. Nin said

    Istirahat kita adalah jeda antara pekerjaan satu dengan yang lainnya….
    Dan… kita diperintahkan untuk mengerjakan pekerjaan yang lainnya bila telah selesai dengan satu pekerjaan…
    Benarlah jika istirahat kita di surga kelak…
    Semoga kita semua mendapatkan tiket untuk masuk ke dalamnya

  18. redesya said

    Semoga saja saat kita berpulang dimudahkan jalan kita…
    Istirahat yg sebenarnya adalah saat kita telah kembali kepadaNya…

  19. Menik said

    ku mencoba tuk berusaha…

  20. ehm..tengkuih sdh diingetin..
    sm kayak bunda menik..denok juga ingin sekali berusaha..N sll berusaha..

  21. aLe said

    Selalu ada kebahagiaan saat mampir disini.,

  22. insansains said

    ^_^ Siap….!

    Saya akan menangguhkan istirahat saya. Demi mereguk kebahagiaan yang tiada pernah terputus. Terima kasih mas Alex

  23. avartara said

    Suatu perenungan yang dalam Pak,…. Moga waktu didunia ini ga terbuang percuma

  24. Catra said

    saya akan beristirahat ketika nusantara berhasil saya satukan pak

  25. megaCULE said

    assalamu alaikum wr wb.
    makasih mas alex, sudah mengingatkan bahwa dunia adalah tempat untuk bekerja. saya sangat tersentuh.

  26. Terkadang kalau sehabis membaca tulisan seperti ini..saya jadi ingat bahwa kematian jua yang akan mengakhiri kita…..namun terkadang juga di lain waktu saya menjadi lupa ke arah mana sebenarnya pemberhentian itu akan berakhir….

  27. shaffiyah said

    moga ini jadi muhasabah lagi bwt kita..
    karena kewajiban kita lebih banyak dari waktu yang ada……..

    🙂

  28. wi3nd said

    jad! pen !st!rahaT neeh..

  29. wi3nd said

    [00T]
    uda baru slesa! updatenya hehehh..

  30. ROe said

    hallo bang..

    emang keren bang alex ini.. cerita2 dari postingannya selalu menginspirasi.

  31. istirahat bisa menghilangkat penat lho

  32. judith said

    Lex, ibuku punya buku La Tahzan ini 🙂 dikirim dari sepeupuku di Bandung, sebagai bacaan dan renungan untuk ibuku. Kasian akhir2 ini ibuku makin capek, begitulah hidup dinegara orang.. kapan ibuku mau istirahatnya tergantung pendiriannya 😦 .. Dulu tiap aku lagi tolong2 ibu di bisnis resto, selalu ibuku baca buku ini trus bercerita padaku. Aku mendengar dengan sepenuh hati walau kami berbeda Keyakinan (karna sejak umurku 2thn, aku nggak dibesarkan ibuku :(..)

    Renungan yang bagus Lex, tetap semangat yaa

  33. Artha said

    indah menyentuh kalbu, senantiasa eling untuk berbuat bijak

  34. terima kasih, bung abdillah. kalau dalam filsafat jawa ada ungkapan “wong urip mono ibarate kaya wong mampir ngombe” (orang hidup itu ibaratnya seperti orang mampir minum). jadi, ada kehidupan abadi di akhirat kelak. bagus atau tidaknya tempat keabadian kita, konon, sagat ditentukan oleh amal dan perbuatan kita selama hidup di dunia. ini artinya, kita jangan berhenti utk beramal dan berbuat yang baik. *walah, kok jadi seperti orang berkhotbah saya, hehehe *

  35. Meylia said

    Semoga kelak kita mendapatkan tempat peristiratahan yang indah ya..amien..makasih kunjungannya.

  36. nono said

    “…beristirahatlah dikala engkau merasa letih…”
    “…dengan beristirahan kita bisa temukan kecerahan…”
    salam 🙂

  37. thya said

    hmmm,,,,,, pengen ada yang diajak shalat malam bareng, heheheh curcol lagi nih bang alex!!

    terkadang memang perlu istirahat, untuk kembali kan semangat.

  38. [ Mencicipi Istirahat di Akhirat Melalui Shalat ]
    Mencari pijakan tentang liburan ternyata tidak ada yang kokoh dan strategis. Kalau sedikit memaksa, suatu tema tentang liburan adalah kebutuhan istirahat. Maksudnya, supaya tidak terlalu tegang dengan aktivitas sehari-hari yang ketat, ya istirahatlah dulu.

    http://trendibandung.wordpress.com/2008/10/10/bali-banyak-libur/

  39. Halo Sore… Numpang lewat dulu… Saya mengundang Anda untuk mengikuti Review Kontes…. Maaf kalau komentar tidak sesuai dengan postingan…
    Salam.

  40. thya said

    bang, ambil award darikuu yaah…

  41. s H a said

    Hmmm, ketenangan abadi itu memang didamba. Tapi jangan lupa juga hidup di dunia. Berproses terus supaya semua tak berhenti dan stagnan. . . Karena kita tak pernah beristirahat 🙂

  42. ydzahra said

    Hmm..salam kenal juga..
    itu pengumuman THL deptan
    sbnrnya coba2 aja sih..
    maklum..newbie..udah new jrg2 update blog lagi..

  43. arifrahmanlubis said

    jika yg dimaksud adalah istirahat sejenak dari penat dunia, maka sholat adalah jawabnya

    seperti sabda Rasulullah yg menyeru bilal untuk azan, agar mereka bisa beristirahat.

  44. wa2n said

    Mudah2an kita digolongkan menjadi umat-Nya yang beruntung.
    Amien…

  45. nop said

    iyah bener.. emang ga boleh istirahat kl masih di dunia ngumpulin bekal pulang ke kampung akherat yg abadi.. yg ga pernah balik lg..
    hanya mencintai Allah yg ga pernah bertepuk sebelah tangan..

    duh, baca La Tahzan sampe sekarang ga kelar2 dr kapan tau..
    harus ambil cuti kaya’nyah.. supaya bisa konsen baca & menjiwain makna nya kata perkata..

  46. Eucalyptus said

    ayo posting lagi Lex

  47. wi3nd said

    mas!h !stirahat?

    ^_^

  48. cimengse said

    KAPAN KITA ISTIRAHAT ? Balada Orang Biasa I was recommended this website by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my problem. You’re amazing! Thanks! your article about KAPAN KITA ISTIRAHAT ? Balada Orang BiasaBest Regards Cassetta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: