Balada Orang Biasa

Berbagi Untuk Semua, Ingin Bermanfaat Bagi Sesama

KRISIS OH…KRISIS, KAPAN ENGKAU KAN PERGI

Posted by lexdoank pada Oktober 13, 2008

Idul fitri tahun ini Maman nggak mudik ke kampung, berbagai macam alasan kenapa maman tidak mudik, salahsatunya adalah factor Mr. D. Maklum Maman yang hanya seorang pegawe rendahan dan kontrak di sebuah perusahaan yang katanya BUMN. Yang akhir-akhir ini banyak di privatisasi oleh penguasa negeri ini, karena “nggak sehat” lagi. Dan tidak mengahasilkan rupiah buat negara. Termasuk perusahaan tempat Maman bekerja, kabarnya sudah di merger dengan BUMN lain. Ah…nggak tau lah, pikir Maman saat ini, karena bagi Maman yang terpenting bisa makan anak istri dan bisa bertahan hidup. Gaji maman yang jauh dari standart UMR itu sudah di potong oleh manajemen perusahaan, karena banyak hutang  yang harus dilunasi oleh maman. Bagaimana harus mudik ?, dapat beli baju 1 potong masing-masing anaknya yang 2 saja sudah Alhamdulillah.

Usai lebaran, di tipi Maman liat berita. Dunia sedang mengalami krisis ekonomi. Dua Bank papan atas Amerika yaitu Lehman Brothers dan Merrill Lynch ambruk dan abis berkeping-keping karena kredit perumahan macet yang tidak mampu di bayar lagi oleh rakyat Amerika. Amerika mengalami krisis keuangan terburuk sepanjang sejarah negera adidaya itu. Dan melibatkan pasar modal raksasa dan memiliki keterkaitan dengan banyak Negara dan perusahaan besar di seluruh dunia, maka beberapa pengamat menganalisa krisis ini akan berdampak sangat parah.

Pasar saham bergejolak, para investor Asing melepas saham-saham mereka, hingga membuat harga saham anjlok. Mereka lebih memilih membeli emas yang merupakan perdagangan riil ketimbang selembar saham yang hanya sebuah kertas dan bisa tidak bernilai apa-apa. Hingga pasar saham Indonesia-pun di tutup untuk sementara waktu, untuk menyelamatkan ekonomi dalam negeri.

Sang kepala Negara rapat mendadak, mengumpulkan semua pembantunya, guna berembuk untuk membuat jurus mandraguna sakti, menghadapi badai krisis ekonomi global. Karena yang paling merasakan imbas semua ini adalah negara-negara ke-tiga. Seperti Indonesia tercinta.

Ah…….Maman manggut-manggut lagi, walau tamat SLTA, ia masih bisa mengerti dikit-dikit tentang informasi krisis ekonomi global ini. Karena yang paling merasakan dampaknya adalah salahsatunya orang-orang seperti dia dan turunannya kebawah.

“Andai saja” gumam Maman lagi, Sistem ekonomi global yang bisa mengayomi semua bangsa dan seluruh ummat manusia dengan cinta kasih, system berkeadilan seperti system Islam yang telah berhasil di terapkan oleh Umar bin Abdul Aziz dulu. Bukan system ekonomi Kapitalis Liberalis yang keropos dianut oleh Dunia saat ini, dan celakanya negeri ini juga menjadi pengikut setia system ini.

“Begitulah jika pemimpin negeri ini lemah, dan menjual semua hasil negeri ini hanya dengan lembaran-lembaran saham kertas tanpa arti. Bukankah kekayaan sumber alam negeri kita ini bisa di manfaatkan untuk kesejahteraan rakyat Indonesia ???? termasuk saya” Maman berharap lagi.

“Ah…..sudahlah…., Buat makan besok aja nggak ada, ah…benar-benar sudah krisis ekonomi ternyata dari dulu” gumam Maman lagi. Sembari merebahkan badannya di kasur sederhana milik dia berdua bersama istri tersayang. Sambil berpikir, besok minjam uang sama siapa lagi ya ??????????????

Dan mudah-mudahan saja esok adalah hari yang indah tuk menyongsong masa depan yang cerah. Amin.

Iklan

17 Tanggapan to “KRISIS OH…KRISIS, KAPAN ENGKAU KAN PERGI”

  1. panjoel said

    haduuuh,,,haduuuh,,,

    susahnya bergantung sama negara adidaya,,,

    mohon maaf lahir bathin ya da alex..:)

  2. oRiDo™ said

    yg krisi amerika kok kita bisa kebawa2???
    kapan yah indonesia tidak bergantung pada negara laen??
    🙂

  3. jeunglala said

    Sindiran yang manis, Mas Alex.
    Orang-orang ‘kecil’ seperti Maman tahunya cuman:
    harga barang melambung
    dan
    siapa lagi yang bisa diutangin 🙂

  4. ARS said

    tenang aja… Badai Pasti Berlalu kok… 😀

  5. yakhanu said

    semoga indonesia bisa bertahan di pososo krisis global ini…

  6. kita tetap harus positif akan nasib bangsa ini 🙂

  7. novee said

    NAH! itu.. saya juga suka bingung, heran n mikir..
    yg bego saya ato mereka ya..
    pdhl rasaya sih bisa dipikir dg simpel aja dg make logika..

    hmmm.. mgkn bener apa yg saya denger dulu dr seorang temen, kita ini emang bakat nya cuma jd kuli.. dasar bangsa kuli, di negri sendiri pun tetep kuli..
    beuh! sinisme bgt.. tp ada bener nya.. liat ajah kenyataan nya.. SDA bangsa kita yg punya, bangsa kita kuli nya, bangsa laen yg angkut untung nya..
    cape deeehhh.. bisa setres saya kl mikirin ginian scr serius..
    biar aja deh, suruh mereka yg digaji untuk berpikir yg disuruh mikir.. tp.. mereka ituh punya pikiran ga ya..?
    ga tau ah.. ga tau..

  8. smoga bada krisi bsa sgera reda..

  9. kita harus sabar
    kita harus tangguh
    kita harus bergerak perbaiki diri dan kondisi 🙂

  10. bc said

    memang indonesia ini sabar ing pandum…..

  11. dion said

    hidup itu seperti roda,,,
    kadang di atas,kadang di bawah…

  12. adikhresna said

    Iya akhi, kayak ana aja nggak bisa mudik. Akhi, semoga belum terlambat tuk ucapkan taqobbalallahu minna wa minkum taqobbal yaa Karim. Innallaha laa yughayyiru ma biqawmin hatta yughayyiru ma bi anfusihim.

  13. Hedwig™ said

    Setuju.. menempatkan ekonomi nasional di tangan para idiot dan orang serakah di bursa saham adalah tindakan yang sangat-sangat-sangat bodoh.

  14. Mas Kopdang said

    kok kemaren blog Bung Alex sempet tutup..?

  15. Eucalyptus said

    Kalau krisis ekonomi dunia udah melanda, biasanya Indonesia paling lama keluar dari masa krisisnya. Negara2 laen udah bangkit, kita masih jalan ditempat. Moga2 aja sekarang bisa lebih cepat keluar dari krisis… sama2 berdoa deh

  16. zoehrie said

    Assalamu’alaikum wr wb.
    setuju bang….
    seharusnya ekonomi syariah yang memang benar2 teruji..
    kapan ya sistem syariah bisa dijalankan di Indonesia…???

  17. dir88gun said

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    – Apakah Anda ingin mengetahui penyebab hancurnya sistem kapitalis?
    – Apakah Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang situasi dan kondisi masyarakat saat ini secara global?
    – Apakah Anda ingin mengetahui tentang sistem apakah yang bisa memecahkan berbagai persoalan dalam situasi dan kondisi saat ini?

    Apabila Anda menjawab “ya!”, maka hadirilah undangan…

    *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*

    *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*

    Liqo’ Syawal Umat Islam 1429 H
    Bersama Hizbut Tahrir Indonesia

    dengan tema,
    – “Saatnya Kapitalisme Hancur dan Khilafah Tegak”

    yang Insya Allah akan dilaksanakan pada,
    – hari____: Ahad
    – tanggal_: 26 Oktober 2008
    – pukul___: 08.30-11.00
    – tempat__: Masjid Al-Akbar, Surabaya

    yang diselenggarakan oleh,
    – HTI DPD Jawa Timur

    contact Person
    – Anwar Jabir (081 13465967)

    *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*

    *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*

    …yang Insya Allah akan mampu menjawab pertanyaan Anda mengenai ketiga hal di atas.

    Terima kasih atas perhatian yang telah Anda berikan.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: