Balada Orang Biasa

Berbagi Untuk Semua, Ingin Bermanfaat Bagi Sesama

BALADA BLOGGER INDONESIA

Posted by lexdoank pada Agustus 14, 2008

Hiatus dan Apresiasi pada kawan semua dalam BALADA BLOGGER INDONESIA, SEJUTA WARNA DAN CERITA.

Engganku beranjak
Tapi ini tidak boleh tidak
Ku harus melangkahkan kaki
Moga suatu hari nanti ku kan kembali kesini lagi.

Namun ada sesuatu yang ingin kuberi
Sebuah apresiasi kepada semua sahabat disini
Ya sejuta warna dan cerita dari rumah maya
Terimakasih banyak ku haturkan dengan seksama
Dan beribu maaf ku pada kawan semua.

Cerita ini ku mulai dari seseorang yang namanya selalu terpampang di Blog Indonesia namanya A. Fatih Syuhud . Beliau selalu menganjurkan supaya kita bisa ngeblog. Ini pesan jitunya : “Budaya ngeblog adalah budaya baca dan menulis dalam skala massal. Sebuah budaya yang dilakukan bangsa-bangsa maju dan civilized. Indonesia akan tetap berkutat dalam kemunduran kalau masih stagnan pada budaya lisan dan enggan mereformasi diri. Setiap Blogger Indonesia “berkewajiban” untuk mengajak rekan-rekannya ngeblog–dengan bahasa Inggris atau Indonesia — untuk sama-sama menuju tradisi baru insan modern”. Jika nyang blom tau presiden kita……nah biar tak kasih tau, ini dia bung Enda Nasution , bukan SBY lho, Presiden blog Indonesia maksudnya dan wakilnya mo tau ??? siapa dia Allex Abdillah huaaa…..wakakak, emangnya kapan PILPRES nya ??? (canda aja).

Dulu aku sering sakit-sakit dikit dan konsul-lah aku sama pak dokter ini, tapi beliau bukan dokter medis, namun dokter blog, memakai istilah si mbak ini . Mas AbiBakar namanya, dulu beliau pake BS, makanya saya rajin konsul ama dia, karna saya make BS sebelum di WP. Kemudian tempat aku konsul dulu adalah di rumah si akang ini Kang Rohman ya… akang ini tempat aku juga sering konsul, namun walau si akang nggak pernah komen balik di blogku, tapi aku cukup gembira, si akang slalu menjawab komen di blognya. Oiya ini blog baru si Akang . Ada lagi tempat aku konsul dulu, di blog akang yang satu ini kang Agus Heri atau beliau lebih dikenal dengan Edittag, Meng-edit itu mengenyangkan kata beliau, emangnya nggak makan-makan to kang?? hehe…beliau tinggal di Bandung. Sering menjadi pembicara tentang ngeblog. Dan ada satu lagi tempat aku konsul lagi sama si O-Om Tau nggak arti si o-om, bukan panggilan buat paman lho, tapi Out Of Memory ….hehe… Agus Ramadani nama lengkap si o-om ini, slalu menelorkan buku-buku tentang ngeblog, baru-baru ini si o-om udah luncurin 2 buku sekaligus….hebat euy !!! gratis lho..silahkan donlot kesana.

Ketika masih di BS aku ketemu juga ama pak tentara yang ngeblog, tepatnya beliau adalah seorang Marinir. Mas Nataluddin namanya, beliau berdomisili di Sidoarjo. Saya nggak tau persis, berapa jauh jarak tempat tinggal beliau dari sumber lumpur Lapindo. Tapi yang pasti pesan si mas ini yang selalu terngiang ditelingaku adalah : “Jangan pernah berhenti belajar, karena disana pasti banyak teman yang akan membantu”. Jika yang mau mampir dan menyapa beliau diblognya, yup….hati-hati jangan-jangan anda jadi bidikan beliau….hehe:D. Lalu saya sering nongkrong dan makan diblog simbak ini Eucalyptus nama kerennya, dan kalo nggak salah mbak Evie nama  beliau. Melihat foto-foto makanan diblog si mbak Evie membuat perut ini selalu nge-Rock bukan keroncong. Teman akrab si mbak ini adalah si none betawi mbak Novee nan katrok katanya padahal pintar, betawi katrok menyongsong perubahan, itulah symbol si mbak novee ini. Ada juga si ahli origami yang bercerita, namanya mbak Maya Fajar, Walau sudah agak lama menghilang di dunia blogging, namun kemaren beliau muncul lagi. Terbuai dengan kehidupan nyata kata sebuah postingan beliau.

Tempat aku merenungi hakikat hidup ini selalu lah aku singgah disini, blog mas Fakhru, Betapa sejuk dan mencerahkan bila membaca setiap rangkaian kata beliau. Kita bakal mengerti apa sih tujuan kita hidup didunia ini ??, apalagi kita sempat ber-chating ria dengan mas Fakhru, pasti ngomongnya slalu di bumbui dengan humor-humor khas mas ini..hehe. Lalu ada tempat pencerahan lain nan tak kalah menyejukkan, Mas Landy Akbar namanya. Beliau amat rajin posting tentang pencerahan, saking aktifnya mas ini, sehingga setiap edisi postingan beliau saya selalu ketinggalan. Blog pencerahan lainnya ada mas Adiet. Dunia sementara Akhirat selamanya, itulah slogan mas ini slalu. Lalu ada blog pencerahan yang punya ciri khas yang unik, blog si Mbah Dipo . “Teman, teman dari teman, musuh dari musuh” slogan nan unik. Dengan gaya bahasa yang unik dan jenaka yang mewarnai setiap postingan si mbah membuat saya ketawa terpingkal-pingkal..haha. Lalu ada teman si mbah mas Jauhari yang akhir-akhir ini posting dengan bahasa inggris mulu…hehe. Salut mas. Ada juga si akang kita yang sering memberi motivasi buatku ya kang Achoey

Jika kita ingin tahu siapa orang yang berbisnis receh namun ngantor di gedung pencakar langit inilah dia orangnya si mas Be Samyono . Kita akan diajak ber-sambizz, ber-samwords, ber-samroads dan ber-samlens disana. Kalo kita mau dengar cerita-cerita gunung yuk mari singgah disini, di blog mas MR.Eagle . Kemudian jika ingin menengok cerita-cerita negeri di ujung pulau borneo yakni Tarakan, disana ada mas Ardiz Tarakan dan komunitasnya. Blogger krisis identitas pernah dengar ?? Kalo belum bermaenlah kesini, blog mas Arif Widarto dijamin jawaban ada diblog beliau. Kemudian jika ada mantan Menwa dulu, sebaiknya berkenalan juga dengan mas Arif Rahmawan . Mau bikin teh ?? tehrouter mas Abiaz jawabannya lebih akrab dengan selera. “Get inspired here” disini tempatnya mas Aang . “Orang bijak tidak akan memilih dunia dengan meninggalkan akhirat” kata-kata hikmah ini adalah slogan dari seorang mas Abeeayang oiya pake “TM” saya nggak tau persis apa yang dimaksud tm itu. Temukan sejuta hikmah diblog beliau.

Lalu jika kita maen ke Makasar jangan lupa singgah di tempat bung Abied , katanya lagi skripsi jadi hiatus dulu. Monggo. Ada yang baru pindahan lho, mas Aditya Fajar “my thoughts, my voice”. Mau cerita tentang perikanan ?? yuk mari kunjungi kolam maya mas Adi Kresna . Yang mo belajar tentang web design dengan HTML tanya ama Ayah Shiva ini, mana tau beliau bersedia. Jika kita mau bernostalgia dengan seorang ahli astronomi dan filosof zaman keemasan Islam, maka marilah sejenak bertandang ke blog mas Al-Faroby , ehe….pasti nggak bakalan nemu, tapi bisa aja beliau memang jadi filosof brilian abad ini, nggak ada yang mungkin kan ?? Memang nama mas ini mungkin diambil dari nama filosof kesohor itu. Lalu ada A Agym juga disini, eh..bukan..salah..memang awal maen keblog mas Aming saya kira blog ini punya A Agym, karena ada pic A Agym disana.

Pernah ke London nggak kawan-kawan ?? Saya pernah tapi baru dalam blog aja…..hahaha, ketemu ama mbak Amee “Secercah kasih yang terpendam” entah sama siapa, aku tak tahu, ikuti cerita-cerita lucu siswa muslim London di sini. Study di Singapura hal yang paling aku impikan, tapi setidaknya aku sudah dapat cerita dari blog mas Andri Setyawan , Beliau adalah seorang Dosen IT di UII. Tahu dengan kartoon naruto ??, kalo belum tau silahkan berkunjung ke blog mas Afried , temukan jawabannya disana. Nah ini dia seleb blog (katanya, kata siapa ??, nggak tau juga…haha) mas Ale “MencoBa™ uNtuk MenjaDi yaNg aJaib dan seLaLu beruNtung” Tapi jangan ragu walau sudah jadi blogger seleb, mas Ale tidak sombong, beliau pasti akan berkunjung balik untuk sekadar berkomentar di blog kita. Tidak seperti seleb beneran ini dan ini .

Ingin tahu senama aku ??, yuk maen ke blog bung Alex Yang kemaren saya sempat kehilangan komunikasi dengan beliau karena Blog lama beliau tak ditemukan, harap maklum kata beliau. Saya senang sekali dengan komentar2 bung Alex ini, rada-rada emosional dan memprovokasi namun tetap santun dan beretika. Ada mas Antokoe yang menulis apa aja yang anto mau. Mau tips-tips marketing ?? juga ada di blog pak Arief aji , silahkan baca-baca. “De bad guys !! itu kata-kata mas Arief doong , cerita-cerita anak kampus. “Om ama tante udah sholat blom ?? pernahkah kita ditanya seperti itu ? kalo blom maenlah ke blog mama Raihan , lalu segeralah sholat (bagi yang blom sholat tentunya). Ya Allah … gak papa deh aku jadi jeruk asem kecut…. tapi please, berikan aku Jeruk yang Manis” itu slogan ato doa kali ya dari seorang mas Ardee saya suka menanggi postingan yang bagus2 kata beliau ketika aku sempat chat samanya. Circleofmind nama blog sahabat kita yang satu ini mas Anton , aku ingat ketika beliau menanggapi postinganku tentang Al-Khawarizmi, beliau memberikan masukan atas tulisan itu, terimakasih banyak mas Anton atas koreksinya. Mo liat blog Jurnalis Grafis; yuk maen kesini mas Antown Berkomunikasi Visual untuk Sosial. Cerita keluarga bahagia, temukan disini di tempat mbak Andiana .

Blogger kita yang satu ini, pasti tak ada yang tak mengenalnya (tentu pasti ada juga yang tak mengenal….haha), di jagad blogshpere beliau sangat dikenal oleh siapa saja, mungkin termasuk anda, dan siapa dia ?? ini dia mas Anto bilang dari Jogja. Namanya pasti slalu berurutan dengan mbak Tika banget kok banget yah?? tanya aja sendiri. Walau kedua-duanya blom pernah komen disini, namun saya menghargainya. Dan siapa tau setelah postingan Balada Blogger Indonesia ini mereka akan komen disini, mana tau aja…hehe. Tunggu dulu, tidak ampe disitu ada lagi blogger kita yang paling ngetop, man huwa ? siapa dia ? mas Anangku bukan Anang-mu atau Anang-nya mereka. Sejak aku pindah dari BS ke WP, beliau blom pernah singgah disini, tapi di BS pernah, resiko jadi ngetop blog….hehe. Blog beliau terpilih menjadi 10 Blog ngetop di Blog Indonesia . “Life is problems” itu menurut kawan kita yang satu ini Alisyah jika mau tau info Toba lake, silahkan berkunjung kesana. Pencerahan lagi dari seorang AM apa sih AM ? ya nama blog. Nama orangnya ? saya kurang tau sih..hehe.. Pernah menangkap cahaya ? kalo blom coba berkunjung kesini blog bung Arif Rahman Lubis belajar, mengabdi. Itu slogan mas kita yang satu ini, temukan untaian hikmah dibalik kata-katanya. Berkunjung ke tempat mas Ario dari kediri, o..ada problem, entah apa sebabnya, nggak tau juga. “Themes Apa Dong?™ | Novel Apa Dong?™ | Recipes Apa Dong?™ itu tawaran jika maen ke blog mas ARS , kenapa ARS ?? entahlah, temukan aja jawabannya disana.

Pesona Bali emang tak ada bandingnya, ini karunia Allah yang tak terhingga. Orang asing pasti lebih kenal Bali ketimbang Indonesia, kenapa ? coba maen ke blog bung Arya ini, mana tau ada jawabannya. Oiya bisa juga bertanya kesini blog bung Baliazura . Ato di blog bung Ipotes dan temukan juga berbagai macam pelajaran2 matematika disana . Jika ingin mendapatkan jawaban sesuatu secara ilmiah dan lengkap dengan referensi-referensinya, silahkan ke blog mas Arul atau kesini , temukan bahasan-bahasan topic terkini yang di sajikan lengkap dengan referensinya. Jika ke Padang jangan lupa singgah di blog uda Avartara , “Saya hanya Manusia biasa yang belajar untuk hening agar bisa berpikir dan menuliskan keheningan dengan benar” kata-kata hikmah yang kita temui di blog sang uda. Ada yang mo konsul ttg programmer ?? singgahlah di blog mas Wahyu Pramusinto Beliau adalah seorang programmer dan seorang dosen.

Jika blog saya adalah blog orang biasa, tapi baca juga slogan teman kita ini mas Aziz “Sebuah blog yang biasa -biasa saja, namun dengan penulis yang luar biasa” provokatif nggak ? Tapi yang pasti itu adalah sebuah doa, menjadi orang yang luar biasa !! mantab. “Mas saya boleh copy puisi “Awan”-nya di blog mas Iman ? itu pertanyaan seorang Azaxs “silahkan mas azaxs”, itu jawabku ketika itu. Tapi ngomong2 kok azaxs ya ? entahlah..apa itu nama ato gelar. Beliau kayaknya seorang pelukis, terlihat dari banyaknya lukisan yang terpampang di blog beliau. Ada yang punya motor grand ato legenda ??, yuk gabung bersama di Aglc komunitas motor astrea dan legenda. “Just Blog for the Future”, About Publisher, advertiser Product Reviews and business” slogan dari seorang Bang Dhika , bagi yang nggak ngerti bahasa pangeran Wiliam, dijamin bakal tak tau apa maksud bang dhika…haha. Dari negeri pangeran Wiliam kita singgah di negeri ratu Beatrick, oh indahnya bisa berbagi cerita, berbagi cerita-lah ama Bang Zenk , mana tau beliau mau mendengarkannya. Ato mo cerita tentang negeri kincir angin, silahkan saja. Tau arti gwe ?? ya gwe ? kalo nggak tau, tanya ama mas Bambosi pasti ada jawabannya. Kumbang desa mencari mangsa..eeh..salah…bukan…bukan., tapi kumbang dusun yang bernama BanNyu kok double Nn ya ? entahlah…tanya sendiri..hehe.

“Yang jelas Gw itu orangnya baik, penyayang n juga suka nolongin orang (“Spyderman kali ya..”) Juga pengin bermanfaat deh buat orang lain” itu kata si Budi yang jarang update blognya, bukan saya. Kalo soal coret-coretan serahkan pada ahlinya mas Budi Prasetyo hehe…tapi katanya yang ringkas… yang praktis… moga bermanfaat. Tau alamat Ds.Gaga Cileduk setelah Masjid Al-Ikhlas ?? kalo nggak tau, tanya ama mas Bilal pasti beliau tau.
Blog E Bilah Whatever… “dulu kita berdua sempat mengheningkan cipta dengan gugurnya biaca hehehehe lihatlah link biaca walopun brokenlink msh ttp bertengger dengan manisnya di Hakimtea.com , itu komentar mas Bilah ketika ketemu lagi dengan blog baruku. ah….memanglah….slalu ada yang memperhatikan si orangbiasa ini.

Kalo ada yang bikin pedes, berarti Caberawit namanya, tapi saya heran udah sebulan mas cabe ini nggak pernah nongol2 lagi. Blognyapun tak di update. Padahal postingannya slalu ditunggu2 oleh para penggemar cabe rawit….emangnya masakan.??? hihi. Cah kene mahe kono; sekecandaknya saja…itu slogan diblog lama cah kene… nih blog baru cahkene . Jika tadi ada si seleb blog, skarang ada si raja kopdar, siapa dia ?? siapa lagi bukan mas Cempluk Lihat saja posting-postingan beliau, persentasenya slalu masalah kopdar yang tertinggi. Tapi itu bagus kok, itung2 silaturrahim dan nambah sodara, aku slalu dukung mas..hehe dan yang pasti blog beliau slalu rame dikunjungi oleh para penggemar setianya..haha. Banyak memang nyang ngaku blog biasa namun isinya luar biasa salahsatu blog mbak Chic “blog ini adalah blog biasa yang ditulis oleh saya yang biasa-biasa ajah. Simply just write what pop in mind… itu kata si mbak ini.

Banyak kisah, cerita, kenangan dan getir yang kulalui bersama kawanku si Cimot ini. Namun yang pasti semua itu sudah berlalu, kami harus menjalani jalan hidup masing2. Met berjuang kawan.!!. Setelah pak Daeng Limpo pindah tugas dari Makasar ke Pekanbaru, rasanya kepengen ketemu aja, namun karena kesibukan masing2, itupun belum terwujud. Kalo ada yang mau Bantu si mas Darmawan Beliau lagi bermasalah dengan blognya. Sesuatu yang khas dan unik dalam setiap alur cerita mas Danalingga . Yang mo ikut ke Jerman ada nggak ?? yup ikut ama mas Dimas saja, Ikuti setiap cerita dan jejak perjalanan mahasiswa Indonesia ini di negeri asing. Diorockout blog’s ; anything in one, kalimat yang sederhana, jika bertandang kesana. Hanya Dessy “yang Punya nama Cherry yang dulu ber Ponie. Insyaallah mau jadi yang terbaik, amin”. Doa yang dibelakang gue aminkan aja. Jalan2 lagi trus ketemu rumah maya kang Deden asli Sunda ya kang?. Catatan, celoteh, curhat, caper mas Donny Reza Silahkan sharing ama beliau. “Tabir kehidupan” itu judul blog mas Doni Fitrah Ajieb oiya katanya panggil Doni juga boleh, Oni, atau Ajieb bisa juga, terserah pilih yang mana. Pilih Oni aja kali ya…haha. West Andalas island itu dimana ya ? kalo mo tau, mampirlah sejenak di celoteh DJRono gimana khabar da Wa ? Ada yang mo tau info2 ekonomi tentu blog Economatic jawabnya. Atau mo belajar dengan bapak guru kita bapak Edi Psw temukan rangkaian kata tentang sisi lain hidup dan kehidupan.

Sudah lama memang aku membaca-baca setiap komentar2 beliau, dan akhirnya aku berkesempatan juga mampir dan komentar di blog beliau, ya ibu kita ibu Edratna ah….memanglah terasa naluri keibuan itu, ketika kita membaca setiap rangkaian kata-kata sang ibu kita yang satu ini. Sejuk dan menentramkan, terimakasih bu. “Belajar Lebih Baik” slogan dari seorang mbak Esa nikmati setiap bait kata yang terangkum didalamnya. Atau simak juga cerita-cerita seorang staff seorang dosen ini mbak Eka . Dalam setiap kata selalu ada makna, dalam setiap kalimat selalu ada nikmat, ayo temukan di kuletakkan kata disini di blog mas Erander ato mas Eby nan guanteng…hehe. Ed Skywalker ; Masih terus menjelajah semesta, mulai dari tanah rantau Jawa sampe ke kampung tanah Sumatera, temukan cerita-cerita seorang mahasiswa di blog uda Edwards .

Ada yang blom bisa nulis di blognya ?? tentang apa yang mo ditulis ?? blom dapet ide ?? yup..singgahlah di bengkel penulisan pak Ersis WA . Dengan ciri khas dan bahasa yang unik, kita akan semakin termotivasi dan jadi tahu bagaimana cara menulis ala Posmodernis, tau posmodernis ?? temukan jawabannya disana. Dari nama blognya saja aku senang banget, apalagi setelah masuk dan mbaca-baca, siapa dia ?? simak catatan kecil seorang mas Fauzan Sigma . “I am always keep learning and fighting” slogan si the Fatmawati yang ngaku strong, beautiful, smart, nice and funny ini, simak dan temukan untaian hikmah disetiap postingannya. Mo ke Malaysia ?? jangan lupa singgah di rumah pak Fikri di Pahang, bacalah ulasan Kitab dan buku di rumah beliau. Ada Fiz-online disana ada tentang kebersamaan dan obrolan warung kopi. Keluarga sakinah, mawaddah dan rahmah impian semau insan yang telah menapaki jenjang rumah tangga, tapi kalo yang di blog mbak Frida laen lho, Keluarga sakinah dan uniek katanya. Frater Telo ?? artinya apa ya ?? ada yang nggak tau ?? yup temukan jawabannya di smart life mas yang ganteng ini.

Merantau jauh dari negeri orang memang asyik apalagi di luar negeri, simak cerita-cerita renyah dari seorang mbak Gadis Rantau ini, selamat bermimpi sampe di Hongkong. Share the knowledge, silahkan ke blogmbak Galih rasakan manfaatnya. Ada yang gandrung dengan musik experimental rock/alternative rock, dengan selingan musik nasyid-nya Zain Bhikha dan Yusuf Islam ?? jika ada bermaenlah ke tempat mas Ghania Rasyid silahkan share ama beliau. Ada banyak cerita dan motivasi ketika saya bermaen ke blog mas Gigih mungkin karena slogannya “Sebuah ungkapan bahagia dari hati…hanyalah catatan ringan dan sederhana”…. kali ya ??. Tahukah kita pencetus gerakan anti kelaparan di dunia blogging ?? kalo blom tahu berkenalanlah ama mas Gempur dengan logo mencolok dib log beliau kita langsung akan tahu, namun beliau hanya menulis “Memungut Remah-remah Remeh Kehidupan untuk Membangun Kembali Makhluk yang bernama Manusia dan Kemanusiaan”.

Kata-katanya indah, rinci dan menggambarkan semua latar cerita, hingga kita bisa merasakan apa yang sedang dirasakan oleh mas Goop ini, nikmati dan rasakan cerita-cerita dari seorang paman yang ganteng ini. Lalu ada kata pamungkas nan memukau “Dunia Sementara Akhirat Selamanya” temukan sejuta hikmah di blog mas Hanafi . Mo tau cerita kota bogor ?? yuk mampirlah di tempat mas Hangga damai , kenapa damai ?? mungkin sebuah doa saja kali, telesuri cerita2 renyah dari seorang mahasiswa IPB ini. Dan ada tulisan lain diblog mas Hanif . Ato blog pribadi-pribadi Muslim di mas Hafez blog, kita bisa donlot, diskusi, konsul, ato request sama beliau, silahkan mampir. Hedwigus WDA, Hedwig TM pake TM lagi yah, apa sih TM ??? yuk temukan jawabannya di Me and Me family our stories our activities-nya mas Hedwigus Windarto DA . Dan silahkan juga baca opini dari seorang mas Herry silahkan di opini dan fikiran beliau.

Ada orang madura ?? ato sampeyan orang madura ?? yuk kenalan ama teman kita yang satu ini mas Ibnu Isa temukan berbagai macam ebook Islami dan berbagai artikel menarik lainnya disanan. Ato boleh juga ke pulau Batam, temui disana mas Ibnu Syakir yang sedang berjuang dan menyampaikan gagasan-gagasan brilian beliau. Ato kita melanglang buana lagi ke luar negeri ?? boleh juga, yuk kita ke Mesir tempat kuliahnya si Fahri, disana ada mbak Ichawe simak cerita-cerita indah dan rasakan suasana eksotis negeri Fir’aun itu disana. Kulkas juga manusia, oh..siapa bilang ?? simak dan baca penjelasannya di blog mbak Ika Wong wedok umur 24……hehee. Mau bernostalgia ke pulau borneo ?? yap…jalan2 yuk ke blog bung Inas berbagi cerita dengan Kisah ringan dari dalam diri dan dari pengalaman hidup-nya beliau. Jika ada manusia robot hasil dari rekayasa teknologi manusia, maka tentu ada juga manusia yang punya ilmunya, yup…singgah di Insan Sains , maka sains adalah untuk memanusiakan manusia. Living in harmony, simak dan baca kisah perjalanan seorang Ibu di rumah maya mbak Indah . Kalo biasanya KH itu ada di depan nama, misalnya KH. Ahmad Dahlan, KH. Hasyim As’ayari, maka beda jika di Indra KH entah apa kepanjangan dari KH disini…tanya aja sendiri ama beliau..hehe.

Jika tadi ada seleb blog dan blog seleb, sekarang ada Direktur yang menjadikan orang seleb, hah..apa pula ya ?? yup…tengoklah di living in my viewfinder-nya mas Iman Brotoseno, beliau juga seorang Ketua APFII pusat, tau APFII ya Asosiasi Pekerja Film Iklan Indonesia. Dan disamping itu beliau juga seorang forografer professional, lihat saja hasil jepret-jepret beliau, begitu memukau. Dan barangkali saja ini adalah salahsatu jawaban kenapa blog mas yang ganteng ini selalu di penuhi dengan banyak komentar. Mo cerita dengan seorang sarjana Psikologi ?? ayo lah singgah sejenak di blog bung Irsan Finazli temukan tips2 lulus dalam Psikotes disana. Ato juga boleh mampir di kata hatinya mbak Iephe temukan selaksa pesona jiwa. Siapa yang gemar dengan puisi ?? ato ingin menikmati cerita lewat puisi ?? ato kepengen belajar membuat puisi ?? maka di senandung syairnya uda Ical jawabannya. Aku adalah aku dan akan tetap menjadi aku, bener kan ?? kalo iya singgah di m2s blog mas Indra 1082 . Aksara rasa…ungkapan rasa dalam jiwa yang terwujud dalam aksara penuh tanya dan doa, keren kan ?? yup temui mas Imam pujangga kita ini dalam bait-bait syairnya. Isnuansa.com murni curhatan isnuansa…yup simak dan baca curhatan si mbak kita ini. Mo menjelajah ??, tapi bukan menjelajah Everest di Himalaya ato Mount Kilimanjaro di Afrika, tapi menjelajah ruang dan waktu bersama bung Iwan TM di Kalimantan selatan.

Ada banyak blog pencerahan yang saya temukan, salahsatunya ada mas Ismail Majid dengan Iqro’nya, bacalah….bacalah dengan Nama Rabbmu. Ke Malaysia lagi yuk…ketemu ama cik Iza dan berceritalah dengan Hikayat bintang comel. Jika di dunia nyata ada café di dunia maya tentu ada juga, dimana lagi kalo di café mas Izul cybercafe dan ternyata café disini adalah café buat pecinta computer saja….haha. Mo dengar cerita berseri si mbah, yup ayo kita singgah di warung kopasus mas Jojo Walau sepertinya warung ini udah nggak jualan lagi, namun cerita2 lucu si mbah masih bisa kita baca. Apa beda Jeung lala dengan Jeng lyla ?? ada yang tau ?? temukan jawabannya di blog duo jeung-jeng kita ini. Ada yang tau apa itu FTM ?? jika nggak ayolah kita bermaen sejenak di rumah Keluarga Broto ini, simak cerita-cerita harian sang mbak Dona sang FTM sejati ini. Beda Kepri dengan Khepri apa ya ?? jika Kepri adalah nama Propinsi dan Khepri adalah nama Uda kita Rang Kalumbuk goes to blog, “Sedikit Tahu, Mudah-mudahan Berguna Banyak” kata beliau.

Sekarang kita terbang ke Jepang negeri sakura, disana saya bertemu dengan seorang pujangga, lihatlah Celoteh bisu-nya mas Kujaku apa artinya ya ?? yang jelas itu adalah bahasa jepang, “perasaan pikiran yang tak tersalurkan lewat lisan” dan ada teman beliau yang bernama mas Sachroel Akhirnya jadi mahasiswa juga, judul postingan terkahir beliau. Dua bulan sudah mas ini nggak nongol, sibuk barangkali dengan perkuliahannya. Keqi.nyebel.in haha..bukan nyebelin orang lho ?? tapi kok nggak bisa dibuka lagi ya pintu rumah belia, kemana ya ?? Ah….ngopi dulu lah di Kopitozie pasti mantaaab…temukan resep2 cinta ala mas Tozie dan awas kena virus cintanya..hehe. Tidak hanya kopi mas Tozie yang laris manis, tapi Kopi dangdut pun jadi nama blog…..hehe, temukan bahasan ilmiah dan penuh referensi namun jenaka dalam setiap postingan ala Mas Kopdang kita ini…bikin saya ketawa-ketawa..haha. Mo belajar bahasa English ?? yup biar tak tunjukkan disini di a Journey of life La Tansa I am a man kata beliau, kenapa bahasa English mulu ?? karena beliau berada di Kanada…itu makanya.

Setiap maen kesini hasrat makan saya selalu tergoda, betapa tidak ? selalu ada makanan2 baru khas mbak Manda La Mendol ini……mak nyosss. Jika di dunia nyata ada langit dunia, nah disini juga ada Langit jiwa apa sih artinya ?? yup…simak dan resapilah setiap bait-bait syair sang Pujangga kita kali ini. ..bersama coretanku di dalam pelukkan malam. aku ingin menyapamu dalam maya, Selamat malam, Sobat” penuh makna buka ??. Baca kata Badar saya teringat peristiwa badar di zaman Nabi, maka setiap ke padang badar Mas Badar itu yang saya rasakan. “Teruskan selancar anda, temukan dan ambil hal-hal yang bermanfaat bagi anda. Harapan saya, semoga apa yang saya hadirkan menjadi kebaikan bagi kita semua, sekarang dan yang akan datang” itu pesan bijak mas kita ini. Pecaya ada Manusia super ?? yup…temukan jawabannya di A Journal of A Not-Superman Human-nya pria berusia pertengahan 20-an ini.

Ondeeh…. capek juo awak mambuek postingan ko, singgahlah awak di rumah uda Max dulu, sembari mbaca-baca kumpulan tulisan dan pemikiran beliau, dan mana tau dipinjamkan buku-buku uda nan banyak tu….hehe. Yuk jalan lagi, singgah di beranda mbak Marsini yang memang nggak tau arti namanya kata beliau, namun sangat menyukai nama itu…ya gitu dong harus bangga dengan nama sendiri….hehe. Dan singgah juga di Somnia memorias-nya mbak Melissa “My name is Melissa and yes, that photo over there is me featuring my favorite plushie named Nyuwi” kata beliau. Kotamobagu itu dimana ya ?? di Kepulauan Solomon ?? ah….salah ?? masak iya…?? jelas nggak dong, Kotamobagu ya domisili mbak Mega Cule ini, Kep. Solomon tu di deket Papua new guinea, mungkin ada mimpi kali ya si mbak ini kesana, jadi alamatnya di bikin dua…..haha, ato kita punya impian ke Kep. Solomon juga ?? indah lho…pantainya…bisa ber-surfing ria. Nggak miss Indonesia aja yang ada, ternyata Miss Glasses ada juga lho ?? lha kok bisa ya ?? yaiyalah… bisa dong, temukan jawabannya disana.

Hmmmm……ada mbak Muhandhis , lha kok mbak sich ? bukannya mas ?? yup, temukan jawabannya disanan dan ada sejuta hikmah dan untaian mutiara diblog sederhana beliau…hmmm. “Al Jihad Sabiluna…. “Allahu Ghayatuna! Jihad adalah Jalanku, Allah tujuanku…, itulah motto sejati, motto sejati milik kita semua, tidak hanya mas Mujahid kita ini, cari dan temukan informasi seputar Jihad palestina diblog beliau. Kalo ilalang udah berbisik, gimana tu ?? temukan jawabannya di blog Mbah Im “catatan-catatan sunyi yang terserak diantara belukar waktu” begitu kata-kata bijak beliau. Kalo ujan dan gerimis, maka berteduhlah di Saung bunda mbak Menik coba aja…hehe. Jamannya kompeni orang2 intelek bergelar MR artinya Mister, tapi kalo MR. Bambang gimana ya ?? “Sekedar debu diantara gurun pasir blogosphere” itu kata beliau. Mo berpetualang ?? yup…tengoklah mas Nanung Nurzula “Alhamdulillah Alloh SWT memberiku anugrah yang luar biasa”, kata beliau.

Disini ada BERBAHAGIALAH !! tapi disana ada SEMANGATLAH !! punya mas Muhammad Momon, intinya sama-sama kalimat perintah, yang satu menyuruh untuk Berbahagia, yang satu menyuruh untuk Bersemangat. Jika digabung maka Bersemangatlah untuk Berbahagia !!., Sama-sama memotivasi begitulah kira-kira…hehe. Lalu jika ada blog olangbiaca yang udah tamat, nah sini kita bisa bikin blog atas nama orangbiasa, tinggal nambah nama kita, seperti mbak Nanie ini, katanya lagi pulkam, jadi nggak kan nyentuh blog, met pulkam aja ya mbak. Mendayung bahtera ke Sumbawa itu udah biasa, tapi kalo Mendayung bahtera Menuju Surga….itu baru luar biasa !! met mengikuti cerita-cerita Bahtera Cinta mbak Nin moga sampai ke Surga. Anda banyak uang ?? ato susah nyari uang ?? nah….kalo cerita soal uang, mari ke mas Nindityo kita tanya, orang Depkue lho. Lalu tanya juga tentang ilmu ama akang kita ini NDothol “al`ilmu khairu miiraa-tsi, Ilmu itu adalah sebaik-baiknya pusaka” begitulah kata-kata hikmah beliau. “Tentang dunia yang semakin tua dan hidup yang penuh kejutan”, ….pecas ndahe Ndoro kakung dan pecas ndahe setiap postingan ndoro kita ini, unik kan ?? Dan karena unik itulah walau sang ndoro memang blom pernah komen kesini, saya tetap mengapresiasi beliau, karena semakin pecas ndahe aja kepala beliau liat masalah tiap harinya..hehe.

Hidup kita mau bermakna ?? yuk…singgah di blog mas Naufal Temukan sejuta hikmah dan untaian nasehat-nasehat menyegarkan disana. Hidup kita memang seputar cinta, nggak pecaya ?? cari jawabannya di rumah Cinta mbak Natazya dan katanya udah bosan dipanggil Tazya makanya tinggal Na saja…haha, met baca cerita-cerita Cinta mbak Nata dan tentu berbahagialah buat mbak Nata. Mo liat blogger mirip Luna maya…(uuhhh ngarep)….katanya yuk singgah di My mind-nya Neng Three, simak cerita-cerita bu guru kita ini. Dari namanya, kita nggak sangka isi blog beliau luar biasa !! siapa dia yuk mari kita berhenti sejenak di Senyawa-nya mbak Nenyok, Memperhatikan Dalam Diam kata beliau. Dan siapa yang ingin melihat guratan-guratan imajiner ? yuk singgahlah di Guratan-guratan Sketsa Imajiner-nya mas Nico Wijaya “Yang Memenuhi Imajinasi” kata beliau. Mo cerita ama mahasiswi Trisakti ?? yuk bertandang ke Silent from darkness-nya mbak Niesa “The StoRies Goes BouT My LiFe” itu slogannya.

Awas…!! sang nananging jagad datang Ndoro Seten ya orangnya tak seseram namanya, Ndoro Setèn Kedungsimo (bacaan Setèn seperti pelavalan Senèn) atau Ndoro Guru Kakung, seorang guru kolonial yang tinggal di jalan Setènan, Kedungsimo Kadipatèn Wanagalih, merupakan tokoh dalam novel Para Priyayinya Umar Kayam” gitu lho penjelasan beliau dan silahkan kesanan biar tambah tahu siapa sebenarnya ndoro kita ini. Dengar cerita yuk di kepingan cerita-nya mas Nung seluas langit biru sedalam laut biru lho ceritanya……hebatkan ??. Blom seger ?? ayolah kita menyegarkan diri di baru seger-nya mas Noki Coret Sana Coret Sini” kata beliau, awas tercoret..hehe. Jika ingin belajar musik ato konsultasi yuk tanyakan ama Uda Traineer kita ini di kolom-nya Nh18 Sang Traineer bakal sibuk neh….akhir2 ini. Kalo di jawa panggilan buat yang lebih tua dari kita mas, di sunda akang, di minang uda, nah jika di bangkinang ayo coba tebak ?? ya Ocu Deyen tau artinya ?? Abang saya…..kira2 begitu deh. “Berbuat untuk sesama” kata Ocu deyen. Temukan cerita2 hikmah di Talenta-nya Ontey “Wujud kepercayaan akan dirimu” kata beliau.

Waktu saya chating ama pak Ria Saptarika ; wakil walikota Batam, nah, ada juga pejabat lagi yang kita bisa chating ama beliau ini dia mas Okebebeh , temukan cerita-cerita jenaka diblog beliau. Mau belajar Islam ? ato baca-baca pengetahuan tentang Islam ? yuk maenlah ke blog mas Orido temukan ilmu-limu bermanfaat disana. Kemudian ada bung Okta sihotang yang kocak. Lalu ada uda Panjoel, anak minang yang merantau ke Jakarta. Dan ada mas Panggiring di Batam. Lalu ada mbak Pelangi Nurani di Jogja, sy tidak tau nama beliau. Kemudian ada mas Peyek di Gresik. Dan ada mbak Pinkcutez di Surabaya. Dan mbak Poppy yang baik hati.

Pernah nonton film Xena ? wanita perkasa itu ? nah mo tau tokoh yang mirip-mirip xena itu ? yuk baca cerita-cerita expedisi dan petualangan uni Mey nan jadi Puti reno baik ko. Tapi dijamin bukan seperti xena, namun luar biasa memang..!! seorang ibu rumah tangga yang mengurusi anak-anak, tapi tetap berkiprah di Belantara hutan Sumatera sebagai anggota team adventure lingkungan hidup. Subhanallah…simaklah cerita-cerita beliau nan mengesankan. Kocak dan humoris itu kesan pertama yang saya tangkap setelah membaca komentar siteteh ini, siapa dia ? yuk ke Prestylarasati blog, “meski lelah, harus tetap melangkah, walau hanya selangkah… ^_^ itu slogan beliau. “Blognya dibuat mau sharing apa aja yg aku suka..aku alami..aku lakuin..aku dapetin..n aku ciptain..sapa tau berguna bagi semua org..ga ahli nulis si..cuma coret2 aja kok..hihihi.” itu kata kawan kita yang satu ini yuk mampir di Life n Design-nya Qq.

Beliau sering maen dan bertandang ke rumah maya saya, tapi nggak pernah beri komentar, itu pengakuan mas yang satu ini, yuk kita berkenalan ama beliau di Majelis aula hikmah-nya Ramram Muhammad, temukan sejuta hikmah di aula-aula postingan beliau. “Write in every mood because I love everymoment” kata seorang Ibu ini, yuk mampir dan baca-baca cerita-cerita hikmah nan renyah di born for Islam-nya Riri Ummu Azam. ”Rindu Belenggu bertemu dengan-Mu, Rindu hati saya pada-Mu ya Robbi, Saya rindu dekat dengan-Mu, Rindu, rindu, rindu pada-Mu Illahi” itu penggalan rintihan kerinduan sang Perindu yang satu ini, Subhanallah…sebuah kerinduan pada Allah, yuk rasakan dan resapi untaian pengalaman spiritual mbak kita ini. Ada anak dewa disini, hah..anak dewa ?? iya, siapa dia ya dia Rian, dan sebenar bukan anak dewa, anak manusia juga kok..hehe, yuk simak dan ikuti catatan-catatann kecil beliau. Ada yang tahu di mana Sorowako ?? dimana ya ?? mau tahu ? yuk singgah di blognya mbak Rita temukan dimana Sorowako itu dan simak cerita-cerita asyik dari blog mbak kita ini.

Adakah pejabat yang ngeblog ? tentu pasti banyak. Namun adakah pejabat bersangkutan yang jadi adminnya ? wah…jarang kali ya, tapi ketika sy berkunjung dan bertanya ke blog pejabat yang satu ini, langsung beliau jawab admin blog ini ya dia beliau sendiri, pejabat itu, siapa ya dia ? ya dia Pak Wakil Walikota Batam saat ini, yakni pak Ria Saptarika. Ketika saya sempat chatting ama beliau, kesan pejabat itu tidak saya temukan pada diri beliau, tapi lebih pada seorang teman, ya teman. Begitulah kesan saya, silahkan kawan-kawan bersilaturrahim dan mengikuti perkembangan kota Batam di blog beliau. “Setiap kata yang terangkai terdapat sebuah makna yang teramat dalam” temukanlah di Coret coretan-nya mbak Risma. Kalo ada rumah kayu itu sudah biasa dilihat baik di kota-kota apalagi di desa-desa, tapi kalo rumah kayu tapi udah bekas, nah ini baru luar biasa, yuk maen di Rumah kayu bekas-nya mas Aki Hery, “bagi sobat- sobat yang belum memiliki rumah – tinggal, yang mendambakan rumah- tinggal kecil, sederhana, tapi ingin tampil Insya- Alloh cantik. Juga bagi sobat- sobat yang sudah memiliki rumah- tinggal tapi barangkali karena satu dan lain hal ingin beralih ke rumah- tinggal kecil, sederhana dan….semua gambar, rancangan, ide disini Insya- Alloh”.

Ada blogger sumut yang maen kesini ? yuk bergabunglah di Blogger Sumut, itulah himbauan kawan kita ini, yup singghlah di Journey of life-nya bung Said “ketika hidup memerlukan tujuan akhir”. Katanya nama panggilannya banyak, ada Ian, Ridwan, Ahmad, dan Ridu, yap…nama ridu lebih di pilih oleh kawan kita yang satu ini, temukan cerita-cerita renyah beliau di Cyber Riedu, cyber world riedu world. “Kata orang aku tuch baek hati, Humories, rada-rada Aneh, and agak pemalu..!!, mau kenalan yuk ke catatan Ama wole-nya bung Roe, simak analisa dan sepenggal tulisan-tulisan beliau yang “adalah jenasah dari sejarah sebuah ide, maka berkaryalah dan tamparlah wajah zaman dengan intelektualmu” . Kata orang matematika itu sulit, tapi kata mas Santoc menyenangkan malah, benarkah ?? silahkan bertandang kesana.

Beliau adalah seorang guru, kalem, sederhana, dan ramah. Itu kesan saya terhadap beliau, kita akan selalu di kunjungi oleh komentar-komentar cerah beliau nan menyejukkan, siapa dia ?? yup dialah Bapak guru kita pak Sawali Tuhusetya, silahkan singgah dan baca-baca catatan beliau tentang dunia pendidikan, Bahasa dan Sastra Indonesia, mana tau kawan akan ditulari dengan virus bagaimana cara membuat sebuah cerpen yang bagus….hehe. “Me and you VS the world”, itu slogan dari mbak kita ini yang satu ini, yup…simak cerita-cerita harian mbak kita yang juga model ini di blog mbak Sarah. Mau baca kisah-kisah Islami, kisah teladan, internet, bisnis, bogger and more…….??, yup silahkan ke blog mas Setya. Berpikir merdeka, Merdeka dalam berpikir, berpendapat dan bertindak! Itu yang diingini setiap orang, termasuk juga saya, tapi slogan itu saya copy dari blog mas Slamet lho, ya….simak tulisan-tulisan menarik mas kita ini disana. Ingin meresapi arti sebuah puisi atau sekedar ingin membaca-baca sebuah cerpen, yuk..singgahlah di Ruang embun-nya bung Pandapotan MT. Siallagan. Belajar desain grafis ato baca-baca aja, yup, bertandang ke blog mas Sunardi, “graphic design around the corner”.

Dan semua sahabat yang tak bisa saya ceritakan semua, ada Sucikeren, Sufimuda. Juga ada mbak Sylviapoe3 di Pekanbaru. Juga ada mbak Suroi di Jakarta. Adam as Sofwan-Jakarta, ada mbak Shei-Surabaya, SQ, Sherlanova-Bandung.

Ada blogger yang dicalonkan jadi pejabat bukan mencalonkan diri, beliau adalah bapak Taufikurahman Cawako Bandung. Tapi belum punya kesempatan untuk memimpin Bandung, karena ternyata beliau hanya bertengger di posisi ketiga. Kemudian ada Fini Lubis, yang disangka smua orang laki-laki, padahal perempuan….hahaha, silahkan menyapa beliau di .Theloebizz. Kemudian ada Tehaha, Tintin, Thya, TC-Medan, TukangGuneman-Solo, Ada mbak Tutinonka, yang dosen UII Jogja, komentar-komentra beliau slalu menggelitik saya, apalagi ketika beliau menanyakan picture saya, picture mas Alex kok hitam ?, tidak tau mana jidat, mana muka, kata beliau..hehe. Dan ada mas Tonick di Kediri.

Dan ada uni Unai urang minang nan marantau ka Jogja. Dan mbak Ulan yang membuat saya tergelitik dalam setiap postingan beliau. Juga ada Vieny-Bandung, Vina. Dan Wara-Pontianak-Jogja, Wanoja-Bandung, Wahyukresna, Wawan, Wempi, Wennyaulia, Wku.

Ada blog yang ilmiah yang sering sy liat dan copy paste …hehe….yap….mas Yari NK di Bandung. Juga ada Yakhanu-Brebes, serta mas Yudistira di Tangerang yang puisinya pernah saya ijin copy. Kemudian ada mas Yudhi14, Dan mas Yuki di Budapest Hungaria. Dan ada mas Yusdi yang ganteng dan mas Yosy Rahadian yang kritis di Jakarta.

Cerita-cerita indah dari seorang Muslimah juga ada di rumah maya mbak Zahroul aliyah. Mo puisi yang indah banget yup..singgah di rumah rang pasisia ko, uda Zulmasri di Pekalongan. Juga ada mas Zoehri di Pontianak, serta uda mamak sekaligus jo ambo….yup…uda Zoelchaniago nan suko bagarah….hehe.

Oke deh cukup sekian ya, mohon maaf bagi yang blom tersebutin, tapi Insya Allah kita semua adalah bersaudara.

Iklan

85 Tanggapan to “BALADA BLOGGER INDONESIA”

  1. ario saja said

    Pertamax…
    Hua panjang banget postingnya

  2. zahroul aliyah said

    wah…
    jadi kayak dah jalan2 ke Blog2 lain mas…
    tx dah di link di tulisannya..
    tx juga buat tulisannya “Cerita-cerita indah dari seorang Muslimah juga ada di rumah maya mbak Zahroul aliyah”

  3. ucok said

    Top Banget Ni Mas Cerita Nya…….Seppp

  4. Zoehrie said

    Assalamu’alaikum…
    makin mantab aja neh blognya bang alex
    postingannya PUANJANG and LUAMA bacanya, nulisnya juga lama, pastinya
    sukses aja bang

    tabik

    zoehrie-pontianak-kalbar

  5. kopitozie said

    Wadduh … lagi diabsen ya ?
    Saya Hadir absen No.5 … 🙂
    Sukses boss

  6. Zulmasri said

    waduh, cerita berbingkai nih. perasaan waktu di sekolah dulu saya hanya belajar model puisinya, yakni seloka. tapi kini ada yang baru, blogger dibingkai cerita.

    kreatif….

  7. hanafi said

    Assalamualaikum… Bang Alex,

    Salam kenal ya Bang sebelumnya.. saya jadi tersanjung nih di sebut dengan blog sejuta hikmah.. padahal saya tidak memiliki hikmah apa2. 🙂

    Baru pertama kali ini ada ulasan ttg link blog yang sedemikian lengkap. salut Bang…
    Mohon maaf juga blognya baru saya link hari ini.. habis jarang blogwalking. Semoga Bang Alex dan keluarga selalu dipenuhi dengan Rahmat dan segala kemudahan.. salam buat 2 jagoannya ya..

    dunia sementara akhirat selamanya.. 🙂

  8. mayaa said

    Assalamualaikum olang biaca..
    Pakabar? kemana wae nih?pantesan udah loncat lagi ke blog berikutnya.. belom saatnya berlabuh di satu blog saja ya? sampe bingung mengidentifikasinya;p. Mampir lagi deh ke myblog, ada postingan limited edition :D, dont miss it ya! di wait.

  9. mayaa said

    oiya, makasih juga udah diabsen dalam postingan ini, dan karena itulah jejaknya teridentifikasi;p

  10. Rozy said

    Assalamu’alaikum Uda Alex,

    Ba’a kaba?

    Ambo kiro antum dah indak ngeblog lai..eh ternyata pindah ya? 😀

    Oke deh, semoga senantiasa sehat lahir bathin serta dalam bimbingan Allah SWT..amin.

    Mohon maaf lahir bathin dari ambo dan salam silaturrahim 😉

    Wassalam,

    -Rozy-

  11. hanafi said

    ohh ini kang Alex yg “Olangbiaca” itu ya
    wahhh mohon maaf mas.. bang.. uda eh … 🙂 udah lama ga perhatikan jadi pangling…
    kapan silaturahmi ke rumah bang… 🙂

  12. Ternyata memang ingin Hiatus, tho, mas Alex ?

    Semoga hiatusnya bermanfaat…Sukses…dan Lancar…!

    Terima kasih karena blog saya ada dalam deretan ‘konco’nya, mas Alex

    wassalam

  13. edy said

    o0o pindah ksini toh…
    pantes link blog yg lama kok error di desbot saya

  14. wah salute ..
    panjang bener,,,
    smoga sukses dunia akhirat.. 🙂

  15. sebuah apresiasi terhadap sesama bloger yang luar biasa, bung abdillah. makin banyak yang disenggol bisa jadi sebuah bukti bahwa kehadiran bung abdillah selama ini cukup bersahabat di kompleks blogosphere ini. makasih apresiasinya, bung, semoga blog tetep bisa menjadi media utk saling berbagi dan bersilaturahmi lintas suku, agama, atau budaya. salam kreatif dan salam ngeblog!

  16. Wah sobat
    salut deh
    hampir semua ke absen

    Wah saya jadi malu
    justru sebaliknya, saya yg biasa dimotivasi 🙂

    Salam semangat!

  17. azaxs said

    Salam….

    Wah luarbiasa mas… postingan yang sangat melelahkan tentunya. apresiasi yang luar biasa pantas buat anda…

    Trimakasih sudah mencantolkan blog saya di postingan ini…

    Selamat memasuki ramadhan juga mas…
    Semoga ramadhan kali ini lebih baik dari tahun kemarin, dan kita menjadi pribadi sukses dunia akhirat….

    Amiin…

  18. putirenobaiak said

    wah banyaknya al..panek juo mambaconyo…tp komplit, bisa utk referensi.
    met rehat dulu, ikuti saja nurani, yg penting happy heh 😀

  19. Eucalyptus said

    HADIR!!!!!! He he he, blog saya selalu bikin perut kamu nge-rock yach? Hidup Rocker!!!! (Lho? Hue he he….)..
    Oh ya menjelang bulan puasa ini saya ucapkan mohon maaf lahir & bathin. Semoga kita dapat meraih kemenangan di bulan yang penuh maghfirah itu. Amin…

  20. Eucalyptus said

    Satu lagi, jangan lama2 ya hiatusnya…

  21. Abi Bakar said

    Assallam alikum wr wb Alex, met menyambut bulan puasa dan mohon maaf lahir batin

  22. HeLL-dA said

    Waduhhh..
    Panjang wae posting-annya..
    Tapi banyak rekomendasi blog nih..
    Cau ah ke TKP..
    :)

  23. economatic said

    Wah, thanx banget yach. Walau diriku jarang posting tapi masih dikenal juga di dunia Blogger. Semoga sukses selalu dan senantiasa bahagia.

  24. insansains said

    ^_^ hehehe… KREATIF..!!!

  25. bangzenk said

    salut, tapi aye dah di Indonesia sekarang, dan blog aye sedang pindahan ke http://rijal28.com

    salamhangat

  26. tutinonka said

    Wao, terimakasih nama saya mampir di postingan ini. Nggak kebayang gimana capeknya nge-link segitu banyak blog milik teman-teman. Salut untuk Uda Alex. Kok lama nggak mampir di blog saya. Lagi mutihin foto ya …. 😀

  27. Gempur said

    Busyet! rame banget tulisannya.. ah, sampeyan bikin kerjaan saya dengan mencari-cari nama saya di antara ribuan kata di atas.. wakakakakakakak… tapi, sejujurnya, langkah yang anda lakukan sungguh mulia sebagai bentuk apresiasi terhadap sesama bloger indonesia. Maju terus bloger Indonesia!!!!!

    Kayaknya.. tulisan di atas bukan balada deh.. hihiihihi

  28. Edwards said

    Assalamu’alaikum, absen pak!

    Keren uy, banyak link nya.

    Oh ya, selamat Ramadhan ya bang Alex. Mudah2an ibadah puasa yang akan dijalani diberkahi oleh Allah SWT.

  29. aLe said

    Subhanallah,
    baru sadar, ternyata aLe dituduh sbg seleb bLog disini, itu fitnaahhh :mrgreen: hihi ^^
    btw, jgn lama² yah bertapa nya 😀
    Kami pasti akan selalu dan sangat merindukan mu *halah* ^^

  30. gile.. ini ngabsen ya?

    lha, kok sayah berurutan sama antobilang?

  31. wah..giliran aku yang udah back..eh, mas jadi hiatus…

  32. langitjiwa said

    cepat kembali yach,mas.
    salamku

  33. Halo mas ini tintin .. 🙂 kaifa hal ..?? 🙂

  34. yudhi14 said

    salut sama maas aleh posting nya bagus dan panjang lagi
    mas apa kabar nih
    puasa gak
    salamat puasa yah
    lama kita gak bersua.

  35. away said

    keren neh baladanya
    ini berarti mas udah berkunjung ke blog2 tersebut
    makasih nama saya dicantumin 🙂

  36. adit said

    Hai hai, bagus deh postingnya. Thanks loh udah mentioned my blog 😉

  37. ebusyet, panjang nian tulisannyah…. 😛
    syalam kenal sahaja… :mrgreen:

  38. daeng limpo said

    selamat berlibur, semoga cepat kembali.

  39. chic said

    huaaaah ramenyaaaa… gyahahahaha 😆
    selamat hiatus Pak, cepat kembali yaaaaa…

  40. unai said

    waaaaa panjang amat…maraton saya bacanya…jan lama lama hiatusnya yak 😉

  41. panda said

    wah, berapa lama kau nulis ini. salut. salut…

  42. F@tM@ said

    Waduh… niat banget ya nulis sepanjang ini. 😀
    Btw thanx dah masukin bloggku.

  43. Edi Psw said

    Indonesia kalau ingin maju, berarti masyarakatnya harus sering-sering ngeblog ya?

  44. baliazura said

    wah..wah..
    salutt..bisa ng-rekap blog sebanyak ini

  45. Hedwig™ said

    haisyah.. dhowo banget… sing penting kompak

  46. yakhanu said

    keren kang…. 🙂
    tapi disitu ada pembahasan yang kurang lengkap kang tentang pembahasan yakhanu-brebes
    yakhanu ganteng belum di tulis hehehe… 🙂

  47. yakhanu said

    kemaren blog nya sempet ngilang ya kang???
    apa lagi di reparasi yah…

    salam sukses, selamat puasa …

  48. nh18 said

    Ini judulnya Uda Alex Ngabsen temen-temennya …
    Hehehe …
    Terima kasih untuk dua hal …
    1. Aku bisa tinggal masuk kesini untuk datang berkunjung ke blog-blog pilihan si Uda … (pasti beliau selektif nih …)

    2. Terima kasih karena saya termasuk salah satu diantara yang disebutkan disini … ah senangnya …
    Blog Uda yang satu ini kalau di tempat saya … saya ubah menjadi Alex’s Hapiness … (gak papa yo Da)
    Selamat menjalankan ibadah puasa.

  49. Cabe Rawit said

    Busyet… panjang nian… 😀

  50. Mas Kopdang said

    Bung Alex itu maksudnya Alex Noerdin yang bakal Cagub Sumsel..?
    Duh..hebat bener..?!
    😆

  51. Nin said

    Wah…. Ternyata ini postingan blog roll yah…
    Hehe… luar biasa…
    Blog yang lama dianggurin Pak?

  52. nindityo said

    hadir.. setelah sempet terkaget-kaget..

  53. danummurik said

    Akhirnya, blog bung Alex datang juga.
    Selamat berpuasa.

  54. Melissa said

    waah makasi bangett udah ngabsenin blog saya di jajaran blogger indonesia 😀 *pdhl lagi semi-hiatus*

    hebat banget nulis semua blogroll plus kalimat2 tentang blog2 itu.. keren!

  55. Esa said

    waduh..ternyatah..ada juga yang rajin ngabsen blogger Indonesia. Makasih ya. Keren banget, tulisan sepanjang itu. Keren..keren. Rinci lagi.

  56. be samyono said

    luar biasa mas, anda mendokumentasikan rekan2 blogger dengan satu kejelian. satu kehormatan berada bersama anda dan rekan2 blogger disini

  57. keqi said

    eh? Hi™ 😀

  58. Kerennn!! Saya simpan di del.icio.us ya…

  59. waduh waduh…

    nama saya Ghani Arasyid pak, dan saya sudah meninggalkan musik 😀
    Afwan…

    Tapi terima kasih sudah di-ping back :mrgreen:

  60. hanif said

    wah, mav… telad mampir saya 😀
    butuh brapa lama nih bwt nyusun link2 sperti ini 😀 😀 bnyak bgd

  61. sucikeren said

    waduh banyak banget… thanx ya pak 🙂

  62. rvsdi said

    review yg komplit neh da alex

  63. bikaambon said

    wah namaku kesebut , maaf ya dah lama ngga mampir

  64. wow, ada saya, hehehe, salam kenal aja ya 🙂

  65. xang said

    halo..salam kenal buat semua..

  66. sufimuda said

    Salut dech..
    sanggup nulis panjang2 🙂

  67. Rian said

    puanjang bangeeeeeeeetttttt…

    hehehe ada sayahnya juga.. :mrgreen:

  68. alisyah said

    wah panjang banget
    sampe2 aku langsung Ctrl+F buat nyariin namaku
    hehehe…

  69. panggiring said

    ini posting layak untuk di terbitken jadi buku, maka sampeyan bisa dapet uang tanpa program afiliasi 🙂

  70. edratna said

    Waduhh hebat sekali Alex, terasa jalan-jalan dirimba raya perbloggeran…maaf saya udah kehabisan nafas, untuk sekedar menjawab postingan dan berbalik kunjungan untuk teman-teman yang berkomentar….tahu2 udah 5 jam. Dan juga, entah kenapa, mungkin karena tanpa blogroll, jadi saya suka kehilangan jejak alamat teman-teman blogger.

  71. wuaahhhh….
    komplit….pliiiit wis
    meski belum semua blogger ngendonesya tertampung, namun semangkin rame wae jagad blogger….
    hidup blogger!!!!!

  72. Edi Psw said

    Hidup blogger!!!

  73. welly said

    nggak tau harus komen apa nih, postingannya panjang sekalee, slam kenal aja deh

  74. WK-Boxlog said

    Cerita menarik untuk hikayat para blogger sebagai hadiah hari blogger nasional. Sayang… “Komentar ke Blog Anda Dihentikan!”

  75. zoel said

    wow,, ngambil abses yo da

  76. WK-Boxlog said

    Salam sejahtera, semoga senantiasa sehat & sukses! Sekalian mohon maaf, tanpa ijin blog ini telah sata TAUT di WK-Boxlog..

  77. wahyukresna said

    wehehe… 😀

  78. mari kita budayakan ngeblog, jangan teralu banyak omong namun banyak bekerja.

  79. Abi Bakar said

    Wah senangnya dapat gelar dokter, asik, makasih bro untuk gelarnya:D

  80. aRai said

    buste panjang sekale … xixixi

  81. okebebeh said

    duileh..inyong jadi pejabat?? ini ngimpi apa beneran nih??? coba tak cubitnya dulu..woalah, ngimpi ternyata..he,,hee

  82. alfaroby said

    good article

  83. Mastpingi said

    Panjang nian postingnya ?
    Kapan2 ajarin dunk biar bisa posting yang panjang

  84. jabon said

    petani jabon mampir nich,,,
    salam….

  85. G+ Info said

    you posted so long.. thanks for sharing!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: